Pemanfaatan Program Generasi Sehat Terhadap Proses Pengembangan IPendidikan Kesehatan padai Masa Pandemi SDN 9 Batur

Azmiya Aisyah, Hanum Hanifa Sukma

Abstract


Dunia pendidikan secara terpaksa harus dihadapkan dengan adaptasi terhadap berbagai perubahan yang terjadi bahkan hampir di seluruh aspek kehidupan manusia sebagai salah satu dampak dari adanya pandemi Covid-19 yang sudah berada di dunia sejak sekitar dua tahun yang lalu bahkan sampai saat ini. Pendidikan dan Kesehatan merupakan hal yang mutlak yang harus dimiliki siswa. Kesehatan memberikan kesempatan siswa untuk hidup lebih baik dan bisa menjaga pola hidup yang baik pada masa pandemi seperti saat ini. Pendidikan kesehatan bagi siswa di tingkat sekolah dasar (SD) diarahkan untuk membina agar memiliki sikap dan perilaku hidup bersih, sehat, bugar dan berdisiplin. Salah satunya dengan menjaga kebersihan, pemakaian masker dan pembiasaan cuci tangan yang baik dan benar. Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya kesadaran siswa akan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan terutama pada masa pandemi.

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, E. R., & Prihastuti, P. (2019). Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Dan Air Mengalir Sebagai Upaya Untuk Menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Sejak Dini. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 45- 52.

Ibrahim, I., Kamaluddin, K., Mintasrihardi, M., Junaidi, A. M., & Abd Gani, A. (2020). Bencana Virus Corona melalui Sosialisasi pada Anak Usia Dini pada Desa Rempe Kecamatan Seteluk Sumbawa Barat. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 191-195.

Jauhari. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Buah Hati, 7(2), 169–181. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1172

Megawati, A., Hastuti, E. D., & Sari, D. E. M. (2018). Peningkatan Kualitas Kesehatan Anak Dengan Penerapan Cara Mencuci Tangan Yang Benar Dan Pengenalan Tentang Obat Kepada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kesehatan.

Purnama, T. B., Sri, R. H., & Eliandy, C. L. (2020). Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Santri di Pondok Pesantren Kota Medan. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia Vol 15 / No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.