Implementasi Student-Based Learning Berbasis Alam sebagai Alternatif Pembelajaran

Ummu Rachma Ulinnuha, Rahmi Munfangati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis student-based learning berbasis sebagai alternatif pembelajaran saat masa pandemi di daerah desa yang memiliki keterbatasan sinyal internet, implementasi model pembelajaran sekolah alam untuk memberikan pengetahuan kepada siswa tentang memanfaatkan lingkungan alam sekitar sekolah dan menanamkan rasa peduli dan cinta terhadapa lingkungan alam. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas 5A dan 5B Sekolah Dasar Negeri Keseneng, Mojotengah, Wonosobo, Jawa Tengah pada tanggal 24 Mei 2021, dilakukan di lingkungan sekitar sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dan deskriptif kualitatif. Sebagian besar siswa merasa senang, bersemangat, dan antusias dalam menjalankan pembelajaran model sekolah alam ini. Terlihat dari data nilai-nilai pada 4 POS yang menunjukkan bahwa siswa berminat untuk belajar di luar sekolah dengan berbasis alam. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran berbasis alam dengan menggunakan metode Sekolah Alam dapat meningkatkan minat belajar siswa yang mana merupakan kunci keberhasilan dalam hal belajar-mengajar di dunia pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Adipratama, Z., Sumarsono, R. B., & Ulfatin, N. (2018). Manajemen kurikulum terpadu di sekolah alam berciri khas islam. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 372-380.

Aprilia, L., & Trihantoyo, S. (2018). Pembelajaran Berbasis Alam dalam Membentuk Karakter Siswa Cinta Lingkungan dan Berbasis Religi Islami di Jenjang SD Sekolah Alam Al-Izzah Krian. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 6(2).

Karmila, N., & Suchyadi, Y. (2020). Supervisi Pendidikan Di Sekolah Alam Bogor. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1), 31-33.

Nurohman, S. (2008). Improving Thinking Skills Through Constructivistic Science Learning In Sekolah Alam. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 9(1), 128-144.

Nurvitasari, S., Azizah, L. Z., & Sunarno, S. (2018). Konsep dan Praktik Pendidikan Inklusi di Sekolah Alam Ramadhani Kediri. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 15-22.

Pujaningtyas, S. W., Kartakusumah, B., & Lathifah, Z. K. (2019). Penerapan Model Experiential Learning Pada Sekolah Alam untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Tadbir Muwahhid, 3(1), 40-52.

Qibtiah, E. A., Retnowati, R., & Laihad, G. H. (2018). Manajemen sekolah alam dalam pengembangan karakter pada jenjang sekolah dasar di school of universe. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 626-635.

Sadiyah, H., Shofawi, M. A., & Fatmawati, E. (2019). Manajemen Program Pendidikan Leadership untuk Siswa di Sekolah Alam Banyubelik Kedungbanteng Banyumas. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 251-270.

Wulansari, B. Y., & Sugito, S. (2016). Pengembangan model pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan kualitas proses belajar anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 16-27.

Yunansah, H., Kuswanto, K., & Abdillah, F. (2020). Ekopedagogik: Analisis Pola Pendidikan Di Sekolah Alam Bandung. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(2), 115-124.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.