Penggunaan E-learning Berbasis Rumah Belajar untuk Pembelajaran selama Pandemi

Fitria Aulia Rahma, Dian Artha Kusumaningtyas

Abstract


Pada artikel ini membahas mengenai penggunaan portal Rumah Belajar sebagai e-learning berbasis moodle. Tujuan penelitian ini adalah hendak mendeskripsikan Rumah Belajar sebagai e-learning berbasis moodle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan observasi. Pada penelitian ini menghasilkan hasil bahwa e-learning adalah salah satu model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi.  Moodle ialah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengonversikan media pembelajaran menjadi bentuk web. Rumah Belajar sebagai e-learning berbasis moodle, memiliki berbagai fitur yang beragam dan memiliki tampilan yang dapat diubah sesuai dengan kebutuhan.  Karena Rumah Belajar berbasis web moodle, sehingga untuk mengoperasikannya tidak perlu melakukan instalasi aplikasi di handphone cukup dengan mengetikkan website dari Rumah Belajar. Rumah Belajar juga memiliki penggunaan yang cukup efisien karena dalam satu portal dapat digunakan untuk pemberian materi, penilaian, dan media komunikasi antara peserta didik dan guru.

 


Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak: Sukabumi.

Darmika, I. P., Gunatama, G., & Sutama, I. M. (2019). Penggunaan E-learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Negeri Bali Mandara. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2).

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Herbimo, W. (2020). Penerapan Aplikasi Moodle Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 107-113.

Hutahaean, P. W. (2021). Penerapan Konsep Gamification pada E-Learning. Ahlimedia Press: Malang.

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Prestasi Pustaka: Jakarta.

Kusmana, A. (2011). E-learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 14(1), 35-51.

Miarso. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana: Jakarta.

Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif.

Surjono, H. D. (2010). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Utami, I. S. (2016). Implementasi E-Learning Menggunakan CMS Moodle untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Komputer Terapan, 2(2), 169-178.

Zainudin, A. (2020). E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Informasi, Teknologi dan Komunikasi Guna Mencegah Penyebaran COVID-19. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 17-25.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.