Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Godean Tahun Pelajaran 2021/2022

Ema Aprilya, Siti Nur Rohmah

Abstract


Dasar dari penelitian ini yaitu tingginya angka kesalahan yang siswa lakukan pada saat penyelesaian soal matematika. Penyebab kesalahan ini terjadi karenakan siswa merasa kesulitan pada saat berlatih atau proses belajar. Kesalahan ini hendaklah diketahui supaya dapat mengetahui komponen mana saja dan solusi apa saja yang perlu untuk ditekankan pada saat proses pembelajaran, maka banyaknya kesalahan itu dapat di minimalisir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, mempunyai maksud untuk mendiskripsikan kesalahan siswa pada saat menyelesaikan soal matematika materi Himpunan. Subjek yang digunakan dalam penilitian ini yaitu 8 orang peserta didik kelas VII tahun ajaran 2021/2022 di SMP Muhammadiyah 2 Godean. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian berupa tes tertulis. Presentase kesalahan diperoleh dari mengaanalisis kesalahan yang siswa lakukan diantaranya adalah : 1) kesalahan konseptual sebesar 48%; 2) kesalahan Prosedural sebesar 19%; 3) kesalahan teknis sebesar 33%. Sehingga kesimpulan yang didapat yaitu siswa masih perlu ditingkatkan pemahamannya, terutama pada pemahaman konsep materi himpunan dan perlu adanya penekanan mengenai hal-hal penting dalam materi himpunan

Full Text:

PDF

References


Aulia, J., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 484-500.

Dwi Listiana, A., & Sutriyono, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Bagi Siswa Kelas Vii Smp. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, I(1), 60

Hidayat, D. W., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi himpunan. Jurnal Analisa, 5(1), 59–67.

Listiana, A. D., & Sutriyono. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Bagi Siswa Kelas VII SMP Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 60–65.

Lusiana, R. (2017). Analisis kesalahan Mahasiswa dalam memecahkan masalah pada materi himpunan

ditinjau dari gaya kognitif. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(1).

Munawaroh, M., & Resta, E. L. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 105–114.

Nurdiawan, R., & Zanthy, L. S. (2015). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan berdasarkan tahapan newman. Journal On Education, 01(03), 128–134.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.