Pemanfaatan Media Google Classroom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi

Saas Asela, Abdul Ghofar

Abstract


 Telah terjadi perubahan dan dampak besar pada keberlangsungan hidup manusia dikarenakan oleh pandemi covid-19, tak terkecuali sistem pendidikan. Demi mencegah penularan dari covid-19 yang sangat cepat ini maka secara serempak seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah ditiadakan kemudian diubah menjadi sistem pembelajaran jarak jauh menggunakan berbagai aplikasi online untuk mendukung tetap terlaksananya proses belajar mengajar. Aplikasi-aplikasi yang digunakan yaitu aplikasi chatting, website, teleconference, dan aplikasi produksi dari google yaitu google classroom. Penggunaan aplikasi google classroom ini mendapatkan respon baik dari siswa dan guru. Penelitian menunjukkan bahwa siswa merasa bersemangat, senang, tertarik, dan cukup aktif dalam proses pembelajaran di google classroom ini yang berisi transfer materi, penugasan, muraja’ah, dan diskusi. Pemanfaatan google classroom secara teratur dapat membantu siswa dan guru mempermudah proses transfer materi. Proses penugasan dan penilaian juga menjadi lebih mudah dan transparan. Selain itu pelaksanaan pembelajaran juga menjadi lebih bervariasi sehingga dapat menarik perhatian siswa meskipun beberapa siswa merasa lebih mudah dan menyenangkan dengan sistem belajar konvensional dengan berinteraksi langsung bersama guru dan siswa lainnya.

Full Text:

PDF

References


Abdul Rohman. (2021). Panduan Praktis Pembelajaran Daring dengan Google Classroom dan Google Meet. PT Elex Media Komputindo.

Ayulia Septiani & Muhamad Taufik Bintang Kejora. (2021). TIngkat Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 3 No 5.

Bekti Mulatsih. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, Vol 5 No 1.

Kanneth Pinandhito, Dina Yeni Martia, & Budi Prasetya. (n.d.). How I Use Google Classroom as a Teacher and Student. CV Jejak.

Luh Devi Herliandry, Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, & Heru Kuswanto. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol 22 No 1.

Mira Marlina, Beni Junedi, Anton Nasrullah, & Helma Mustika. (n.d.). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Matematika Di Mas Pandemi Covid-19. Jurnal Masyarakat Mandiri, Vol 5 No 3, 2021.

Muhamad Imaduddin. (2018). Membuat Kelas Online Berbasis Android Dengan Google Classroom. Penerbit Garudhawaca.

Nelius Harefa & Sumiyati. (2020). Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa Pandemi Covid-19. Science Education and Application Journal, Vol 2 No 2.

R Gilang K. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Penerbit Lutfi Gilang.

Siti Nur Aidah & Tim Penerbit KBM Indonesia. (2020). Kitab Sejarah Covid-19. Penerbit KBM Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.