PERAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MEREDUKSI KECEMASAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK SDN TULASAN

Miftahul Munir Alkarim

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran bimbingan kelompok dalam mereduksi kecemasan berkomunikasi peserta didik SDN Tulasan. Tentunya setiap peserta didik memiliki keterampilan komunikasi yang berbeda-beda. Kecemasan berkomunikasi jika tidak segera diatasi akan menghambat perkembangan peserta didik. Kemampuan berkomunikasi tanpa adanya rasa cemas, memanglah sulit untuk diterapkan oleh peserta didik sekolah dasar. Namun apabila dilatih sejak dini dapat mempermudah peserta didik untuk berkomunikasi, dengan begitu yang awal mulanya merasa cemas lama-kelamaan menjadi terbiasa dan lebih tenang dari sebelumnya. Sehingga bimbingan kelompok dengan teknik diskusi diharapkan dapat memberikan sebuah pelatihan berkomunikasi secara baik dan penuh ketenangan. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok memiliki peran penting dalam mereduksi kecemasan berkomunikasi peserta didik SDN Tulasan.


Full Text:

PDF

References


Widya, n. (2018). Upaya mengurangi kecemasan berkomunikasi melalui layanan konseling kelompok pada siswa kelas x man 4 medan (doctoral dissertation, universitas islam negeri sumatera utara meddan).

Muslihah, i. R. (2018). Implementasi bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas x di sma negeri 1 raman utara tahun akademik 2018/2019 (doctoral dissertation, uin raden intan lampung).

Hadi, s., & putri, d. W. L. (2017). Komunikasi konseling sebagai media 145-158 parenting. Tasâmuh, 14(2) ,

Septiana, E. N., Rahmi, A., & Wae, R. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok dengan Analisis Transaksional Untuk Mereduksi Kecemasan Berbicara di Depan Kelas di SMPN 8 Bukittinggi. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 3(2), 69-75.

Aswida, W., & Syukur, Y. (2012). Efektifitas layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi pada siswa. Konselor, 1(2).

yulandari, a. (2018). efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik kelas xi ilmu-ilmu bahasa (iib) man 1 bandar lampung tahun pelajaran 2018/2019 (doctoral dissertation, uin raden intan lampung).

Zein, z. A. 2017/2018. Efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi pada siswa smp muhammadiyah 2 medan tahun ajaran.

Jannah, n. (2015). Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam pemilihan kegiatan ekstrakurikuler di smp negeri 1 rantau. Jurnal mahasiswa bk an-nur, 1(1), 34-43.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.