Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam SDN 3 Tirtosworo

Mutia Eka Putri, Unik Hanifah Salsabila

Abstract


Dalam menghasilkan generasi penerus bangsa unggul, maka pendidikan yang menyertainya juga harus berkualitas. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi lancar tidaknya suatu proses pendidikan. Di masa pandemi COVID-19 ini, menyebab kan berubahnya sistem pembelajaran dalam bidang pendidikan. Pembelajaran yang awalnya berlangsung secara luring, kini beralih menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu pelajaran yang penting untuk ditekankan pada siswa di masa pandemic COVID-19. Artikel ini akan mengupas proses PJJ pada mata pelajaran PAI di SDN 3 Tirtosworo dengan rumusan masalah 1) Bagaimana PJJ pada mata pelajaran PAI siswa SDN 3 Tirtosworo?; 2) Apa saja hal-hal yang mempengaruhi kelancaran PJJ PAI SDN 3 Tirtosworo?. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif analitik. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa proses pembelajaran PAI berjalan dengan baik walaupun terdapat beberapa kendala seperti jaringan internet yang kurang memadai. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi kelancaran PJJ, yaitu pendidik, media pembelajaran, orang tua, dan ketersediaan ponsel, kuota internet, dan sinyal.

Full Text:

PDF

References


Artayasa, I. N. (2021). Kebijakan Pemerintah dalam Percepatan Penanganan Dampak COVID 19 di Kota Denpasar. Cakrawati, 3(2).

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Islam Kajian Teoretis dan Pemikiran Tokoh (E. Kuswandi, Ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2019). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Maarif, S. (2021). Tantangan Pandemi Covid-19 dan Peran Keluarga dalam Pendidikan Agama. Retrieved September 14, 2021, from Kementerian Agama Republik Indonesia website: https://kemenag.go.id/read/tantangan-pandemi-covid-19-dan-peran-keluarga-dalam-pendidikan-agama-5v1ej

Nazir, M. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77

Salsabila, U. H., Ramadhan, N. F., Putri, M. E., Nurjannah, N., & Jayanti, G. D. (2020). Penggunaan Tehnologi Pendidikan Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa Tingkat SD / MI Pada Masa Pandemi Covid-19. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(3), 341–360. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/10.35719

Sukring. (2013). Pendidik dan Peserta Didik dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tafsir, A. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahy, H. (2012). Keluarga sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama. Jurnal Ilmiah Didaktika, XII(2). Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/download/451/362

Yanti, N. F., & Sumianto, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Minat Belajar Dimasa Pandemi Covid-19 pada Siswa SDN 008 Salo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 608–614.

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.