Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran PAI di SD N Plakaran

Nur'aini Dewi Kumala, Unik Hanifah Salsabila

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pelaksanaan hingga hambatan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD N Plakaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Peniliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dalam penelitian ini karena pada penelitian ini hasil analisis tidak menggunakan data statistik namun berdasarkan perkataan yang diucapkan maupun tertulis dari narasumber. Di SD N Plakaran pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media whatsapp group dan dengan menggunakan metode ceramah dan resitasi. Tantangan guru pendidikan agama islam di SD N Plakaran yaitu guru kesulitan untuk menentukan metode pembelajaran dan media pembelajaran, sulitnya mengadakan kerjasama dengan orang tua karena orang tua kurang memberi fasilitas dan pendampingan kepada anak, pembelajaran tidak sepenuhnya efektif karena keadaan siswa yang berbeda-beda, guru juga merasa kesulitan dalam mengukur capaian pembelajaran karena guru tidak mengetahui apakah tes yang diberikan dikerjakan oleh siswa secara jujur atau dikerjakan oleh orang lain. Hambatan yang dialami yaitu tidak semua siswa memiliki gawai dan harus meminjam, siswa yang memiliki gawai namun terkendala jaringan, siswa yang memakai gawai milik orang tua namun orang tua bekerja hingga malam hari, terdapat orang tua yang kurang paham dengan teknologi, keterbatasan kuota internet, orang tua yang tidak selalu menyimak informasi sehingga tertinggal informasi, siswa merasa bosan dengan pembelajaran daring, penjelasan guru tidak bisa secara detail, dan siswa yang tidak tepat waktu dalam pengumpulan tugas.


Full Text:

PDF

References


Al Hakim, M. F. (2021). Peran Guru dan Orang tua: Tantangan dan Solusi Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 1(1), 23–32. Retrieved from http://jurnal.unsyiah.ac.id/riwayat/

Alami, Y. (2020). Media Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19. Tarbiyatu Wa Ta’lim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2.

Indrianto, N. (2020). Pendidikan Agama Islam Interdisipliner Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Deep Publish.

Mubin, M. N. (2021). Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Sederajat. Journal of Islamic Education, 1(1), 16–31. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar_url?url=http://202.0.92.5/tarbiyah/HJIE/article/download/3915/2059&hl=en&sa=T&oi=gsb-gga&ct=res&cd=0&d=8675155342252416100&ei=M-2fYMDLLYvuygS1n6yADg&scisig=AAGBfm2H44Vl1XDCrmPcb8Nar1kjrFKNZA

Sarwa. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh : Konsep, Masalah dan Solusi (Cetakan Pe). Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Sudarsana, I. ketut, Lestari, N. G. A. M. Y., Wijaya, I. K. W. B., Krisdayanti, A., Andayani, K. Y., Trisnadewi, K., … Aryana, I. M. P. (2020). Covid-19 Perspektif Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Tubagus, M. (2021). Model Pembelajaran Terbuka Jarak Jauh (Cetakan Pe). Makasar: PT. Nas Media Indonesia.

Umam, C. (2020). Inovasi Pendidikan Islam. Riau: DOTPLUS Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.