Pemahaman Siswa Kelas III SDN 1 Karangnangka terhadap Dongeng dengan Media Animasi

Qotri Wuquinnajah, Sudaryanto Sudaryanto

Abstract


: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan media animasi pada pemahaman isi dongeng kelas III SD Negeri 1 Karangnangka Bukateja dan mengetahui bagaimana hasil pemahaman siswa menggunakan media ini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian 12 siswa kemudian dipilih 3 siswa yang merupakan perwakilan dari masing-masing tipe pemahaman. Teknik pengambilan data menggunakan angket pemahaman, tes, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menghasilkan bahwa dari 12 siswa, penggunaan media animasi dongeng pada pemahaman siswa kelas III SDN 1 Karangnangka tidak cukup efektif untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan siswa tersebut kurang memperhatikan saat pembelajaran menggunakan media ini, kurang memahami materi Bahasa Indonesia, kurang terampil dalam menulis, dan lain sebagainya. (2) hasil pemahaman siswa diperoleh bahwa dari 12 siswa, 2 (17%) siswa dikategorikan dalam tipe tinggi, 4 siswa (33%) dinyatakan tipe sedang, dan 6 siswa (50%) tergolong pada tingkat rendah.

Full Text:

PDF

References


Awalia, I. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD, Kreano. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, , 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.

Azhar, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Batubara, H. H. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47. https://doi.org/10.31602/muallimuna. v2i1.74.

Budiarti, W. N. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095.

Nathalia Angelina Gae1, N. N. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Membaca Pemahaman dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Volume 5, Number 1. 100-108.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyowati, T. &. (2013). Pengembangan Media Video Animasi Tentang Pembentukan Tanah Bagi Siswa Kelas V SD Ngeri Singowangi Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Taeni, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Unstuk Meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Media Pembelajaran, (1), 7-8.

Widiyasanti, M. P. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.