Optimasi Aplikasi Google Classroom dan Google Meet dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Covid 19

Khafifah Nur Hanifah, Yusuf hanafiah

Abstract


Adanya virus Covid 19 yang muncul di Indonesia membuat kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana optimasi aplikasi Google Classroom dan Google Meet dalam pembelajaran PAI pada era pandemi. Mulai dari perencanaan pembelajaran hingga hal-hal dilakukan untuk pengoptimalan aplikasi tersebut. Perencanaan pembelajaran menggunakan aplikasi google classroom dan google meet diawali disetiap awal tahun ajaran baru. Dengan mempersiapkan 2 kemungkinan pembelajaran yakni daring dan luring. Pada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Sehingga hasil penelitian berupa teks naratif dari data-data yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi dari aplikasi Google Classroom dan Google Meet diawali dengan tahap perencanaan yang mana guru membuat perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP dan sebagainya. Selain itu guru juga mengikuti pelatihan mengenai pembelajaran daring dengan aplikasi Google Classroom dan Google Meet yang diadakan oleh dinas pendidikan. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.