Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Akhlakul Mahmudah Siswa di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta

Antika Melania, Fadhlurrahman Fadhlurrahman

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran apa saja yang dilakukan guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan akhlakul mahmudah siswa serta menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam upaya meningkatkan akhlakul mahmudah siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian kualitatif yang tersusun dari wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menjelaskan: 1) guru akidah akhlak selalu memberikan contoh baik dalam bertutur kata, berperilaku baik dan berunggah-ungguh, serta memberikan pengarahan mengenai perilaku apa saja yang patut untuk dikerjakan dan tidak patut untuk dikerjakan. Selain itu, guru juga tidak segan untuk memberikan teguran apabila ada peserta didik yang berperilaku tidak baik serta mampu menasehatinya. 2) faktor pendukung: fasilitas sekolah yang memadahi, pengetahuan guru dan siswa, serta penggunaan bahasa jawa di lingkungan sekolah. 3) faktor penghambat: wali murid yang merasa benar, faktor lingkungan, serta faktor gizi dari makanan yang dikonsumsi.

Full Text:

PDF

References


Banany, Shoffan, Rahendra Maya, dan Ali Maulida. “PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS VIII-3 DI MTS DARUL IHYA CIOMAS BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020.” Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam 3, no. 01 (2020): 35–44.

Al Ghozali, Imam. Ihya Ulum Al Din, Jilid III. Indonesia: Dar Ihya Al Kotob al Arabi, n.d.

Majid, Muhammad Fadhil Alghi Fari. “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mengaktualisasikan Sikap Toleransi Pada Peserta Didik (Studi Kelas VIII MTs Pattiro Bajo, Kecamatan Sibulue, Kab. Bone, Sulawesi Selatan).” Jurnal Pendidikan Agama Islam 17, no. 1 (2020): 67–80.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.