Peran Mahasiswa Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa di Masa Pandemi

Nurul Khikmah Ramadani

Abstract


Literasi lingkungan merupakan keterampilan memahami pentingnya menjaga lingkungan untuk kehidupan sekarang maupun generasi kedepan.  Pentingnya ditanamkannya literasi sejak dini adalah sebagai fondasi individu sehingga memiliki kemampuan dalam berfikir kritis dan logis pada saat dihadapkan dengan berbagai situasi. Literasi lingkungan SD Negeri Sidorejo telah terlaksana, tetapi masih belum disadari secara penuh dan belum terprogramkan melalui program sekolah basis adiwiyata. Terkait hal tersebut mahasiswa kampus mengajar berperan untuk mendukung, berpartisipasi dan menjadi penggerak dalam kegiatan literasi khsusunya lingkungan kepada siswa di masa pandemi demi meningkatkan kepedulian dan berbudaya lingkungan yang lebih baik lagi. Metode Penelitian dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa SD Negeri Sidorejo. Teknik analisis deskriptif kualitatif. Warung hidup adalah tanaman yang bermanfaat  memenuhi kebutuhan dapur, sedangkan Apotik hidup adalah tanaman sebagai obat-obatan. Kedua kegiatan tersebut diadakan sekolah sebagai upaya menanamkan kepedulian terhadap lingkungan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi. 2016. Ilmu Pengantar Pendidikan. Yogyakarta : Ar- Ruzz Media.

Alpusari, M. 2013. ANALISIS KURIKULUM PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP PADA SEKOLAH DASAR DAERAH PEKANBARU. 2, 10–17.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Pendidikan Dan Kebudayaan, 10, 282–289.

Kemendikbud. 2021. Panduan Pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 2. Jakarta : Kemendikbud.

Nugraha, Permanasari, A., & Pursitasari, I. D. (2021). Disparitas Literasi Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan. 5(1), 15–35.

Patrisiana, Dike, D., & Wibowo, D. cahyadi. (2020). PELAKSANAAN LITERASI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 10 KERAPA SEPAN KECAMATAN KAYAN HILIR, KABUPATEN SINTANG. JURNAL PEKAN. Vol 5.

Permatasari. 2015. Membangun Kualitas Bangsa Indonesia Dengan Budaya Pembiasaan Literasi. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015, 146–156.

Retnowati, R. (2019). BAHAN AJAR PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP. Bogor: Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan.

Shomiyatun, S. (2020). MENANAMKAN BUDAYA DAN PEMBIASAAN LITERASI PADA ANAK USIA DINI KHUSUS DI ERA DIGITAL. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 6(2).

Zati, V. D. A. (2018). Upaya Dalam Meningkatkan Minat Literasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas Vol. 4, 4(1), 18–21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.