Analisis Kesalahan Siswa Kelas VI Pada Materi Operasi Hitung Pecahan

Annisa Aolia Rahmah, Rusmining Rusmining

Abstract


Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesalahan siswa pada materi operasi hitung pecahan kelas VI SD Negeri 1 Karangnangka Bukateja. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian 14 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti memperoleh hasil bahwa kesalahan siswa yang paling banyak adalah manipulasi secara tidak langsung sebesar 35,71%, data hilang sebesar 28,56%, kesimpulan hilang sebesar 26,33%, prosedur tidak tepat sebesar 14,23%, masalah hieraki keterampilan siswa sebesar 11,90%, data tidak tepat sebesar 7,14%, konflik level resppon siswa sebesar 7,14% dan kategori lainnya sebesar 2,38%. Faktor terjadinya keasalahan siswa antara lain (1) siswa tidak paham konsep, (2) tidak menguasai materi pelajaran, (3) siswa kurang teliti dalam menyelesaikan perhitungan.

Full Text:

PDF

References


Luthfiana , T. & Indriyani. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dan Video Pembelajaran berbasis Problem Solving sebagai Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Era Pandemi Covid-19 Jurnal Siantara, 5(1), 16–20.

Farit , P.P.K., & Maria, H.P.M. (2020). Pemanfaatan Video Untuk Pembelajaran Matematika

Berbasis Masalah Kontekstual Pada Topik Aljabar, 400–405

Tri, H.W., (2021). Efektivitas Penggunaan Microsoft Teams Dalam Pembelajaran E-learning Bagi

Guru Selama Pandemi Covid-1 DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 15–21.

Yafita, A.M., (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Dengan Microsoft Teams Pada Pelajaran Matematika Materi Program Linear EDUKASIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 347–358.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.