Pentingnya Kegiatan Keagamaan Di Sekolah Pada Masa Pandemi Di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta

Octiana Ristanti, Unik Hanifah Salsabila

Abstract


Kegiatan keagaamaan adalah suatu kegiatan yang menitikberatkan pada kegiatan islami, yang berisiikan tentang ajaran islam. Tujuan penulisan artikel ini agar peneliti mengetahui apa saja kegiatan keagamaan  yang dilakukan oleh SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta selama situasi Pandemi atau Covid-19 . Metode yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian didapat bahwa kegiatan keagamaan selama pandemic ini berjalan dengan bagus, bisa dilihat SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta melakukan kegiatan keagamaan yang berupa pemantauan sholat dhuha dan dzuhur, tugas membuat kultum, membaca surah-surah pendek sebelum KBM dimuali, dan memposting kegiatan keagamaan via Instagram dan Youtube.

Full Text:

PDF

References


Fiqih Wanita 1//Ustadzah Dra. Hj. Muniroh - Youtube. (N.D.). Retrieved September 15, 2021, From Https://Www.Youtube.Com/Watch?V=Bftis9hgyky

Fransiska Rara. 2017. Efektivitas Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan Pada Siswa Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 21 Kota Bengkulu. An-Nizom 2 (2).

Irhan Icep Dkk. 2019. Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Kualitas Pendidikan .Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7 (1).Https://Www.Riset-Iaid.Net/Index.Php/Jppi/Article/View/358

Membangun Akhlak Yang Baik Bagi Remaja//Zahra .. (N.D.). Retrieved September 15, 2021, From Https://Www.Youtube.Com/Watch?V=Yz4waq1yvqe

Nabila Elsa Dkk. 2021. Efektivitas Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Gampong Tutong, Labuhanji Barat, Aceh Selatan. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat 1 (1).

Raco, Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulan, Jakarta: Pt Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2016

Sukmadinata, N,S, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya, 2015.

Tara Dea Dkk, 2018.Pengaruh Kegiatan Keagamaan Di Lingkungan Sekolah Dan Keluarga Dalam Membentuk Pengalaman Beragama. Jurnal Penelitian Ilmiah 2 (2).

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R N D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.