Penguatan Nilai Karakter Islami Era Pandemi Covid-19 Di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta

Anggraeni Setyaningrum, Fadhlurrahman Fadhlurrahman

Abstract


Abstrak: Pendidikan karakter islami merupakan sebuah kegiatan yang di dalamnya terdapat berbagai tindakan yang mendidik diperuntukkan untuk memperbaiki kehidupan bagi masa depan. Tujuan dari pendidikan karakter islami ini untuk menyempurnakan individu peserta didik menjadi manusia yang baik untuk menuju kehidupan yang baik berdasarkan nilai-nilai islami. Maka dari itulah penguatan nilai karakter islami di era pandemi covid-19 menjadi sangat penting agar peserta didik tidak terkena mental. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis secara mendalam dengan tujuan untuk menjelaskan, mendiskripsikan serta menggambarkan peristiwa yang berkaitan dengan penguatan nilai karakter islami di era pandemi covid-19. Dari hasil pengamatan dilapangan kegiatan penguatan karakter islami sebagai berikut: membaca al qur’an dan surat pendek setiap pagi (terutama juz 30), menganjurkan untuk infak 1 keping 1 hari, sholat dhuha, penguatan penuntasan iqro bagi siswa yang masih iqro, pengajian hari besar islam (kajian online), kegiatan potong hewan kurban dan pelaksanaan zakat disekolah, pesantren ramadhan online.


Full Text:

PDF

References


Ismail, Fattah. 2020. Implementasi Program Full Day School Dalam Penguatan Karakter Islami. Jurnal Media Manajemen Pendidikan.Vol.3, No.1.Hlm.153-161.

Karsidi, R. 2008. Sosiologi pendidikan. Jawa Tengah: Lembaga Pengembangan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Nahlawi, Abdurrahman. 1996. Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Terjemahan oleh Herry Noer Ali. Bandung: Diponegoro.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tilaar, H.A.R. 1999. Pendidikan Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yaqin, Muchammad Ainul. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Penanggulangan Kenakalan Remaja. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 4, No.2. Hlm. 294 – 314.

Zarman, Wendi. 2017. Ternyata Mendidik Anak Cara Rasulullah Mudah & Efektif. Jagakarsa: Kawan Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.