Pengaruh Lama Durasi Pembelajaran Sinkron Terhadap Aktivitas Peserta Didik SD Muhammadiyah Sagan

Erika Agnistya Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh durasi pembelajaran sinkron terhadap aktivitas peserta didik dan tindakan guru untuk mengatasi permasalahan. Penelitian yang dilakukan meliputi aktivitas yang ditunjukkan peserta didik SD Muhammadiyah Sagan selama mengikuti pembelajaran sinkron melaluiĀ google meet. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan observasi kegiatan pembelajaran sinkron, wawancara dengan guru kelas, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan respon peserta didik pada pembelajaran baik, namun durasi pembelajaran yang lama menyebabkan peserta didik kehilangan minat dan fokus untuk belajar. Pembelajaran sinkron peserta didik usia SD harus dilakukan dalam waktu yang tepat sesuai dengan lama konsentrasi yang dapat dicapai oleh anak dan didampingi dengan menyiapkan kegiatan yang membangkitkan minat peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Arlianti, & dkk. (2021). Analisis Respon dan Keaktifan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring Menggunakan Zoom. Jurnal Dharma PGSD Vol.1 No.2, 94-103.

K, R. G. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Banyumas: Lutfi Gilang.

Kasih, A. P. (2020, Juli 21). Orangtua, Ketahui Lamanya Konsentrasi Belajar Anak. Retrieved September 15, 2021, from Kompas: https://edukasi.kompas.com/read/2020/07/21/120422371/orangtua-ketahui-lamanya-konsentrasi-belajar-anak-sesuai-usia?page=all

Kemdikbud, P. W. (2020, Mei 29). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Retrieved September 14, 2021, from Kemendikbud: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Setiono, P., & dkk. (2020). Strategi Guru dalam Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Vol.3 No.3, 402-407.

Sudarsana, I. K., & dkk. (2018). Teknologi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan. Denpasar: Jayapangus Press.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Tindakan). Bandung: Alfabeta CV.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.