Membentuk Karakter Peserta Didik Peduli Lingkungan melalui Program Adiwiyata

Karmila Yanti, Nani Aprilia

Abstract


Karakter peserta didik peduli terhadap lingkungan merupakan karakter yang harus dikembangkan sejak dini di tingkat jenjang pendidikan dasar dan menengah. Karakter peduli lingkuangan dikembangkan sebagai upaya pemerintah dalam mengurangi isu global terkait dengan degradasi lingkungan yang semakin serius. Penelitian bertujuan membahas tentang apa dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh sekolah SMP N 2 Tukak Sadai dalam membentuk sebuah karakter peserta didik yang peduli terhadap lingkungan. Metode Penelitian dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian membentuk karakter peserta didik SMP N 2 Tukak Sadai dengan menerapkan program Adiwiyata dan nilai-nilai peduli lingkungan. Dalam program Adiwiyata ini memiliki 4 indikator yang membentuk karakter peduli lingkungan yang telah berhasil diterapkan di SMP N 2 Tukak Sadai. Adapun 4 indikator tersebut adalah pengembangan kebijakan sekolah, pengembangan kurikulum berbasis peduli lingkungan, pengembangan kegiatan partisipasi berbasis peduli lingkungan dan pengelolaan sarana dan prasarana.

Full Text:

PDF

References


Heriyansyah, H. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 116–127. https://doi.org/10.30868/im.v1i01.218.

Kemdikbud RI. (2020). Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. Dk, 53(9), 1689–1699.

Azizah, Yunita Noor, “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Budaya Religus: Studi

Desfandi, Mirza, "Mewujudkan Masyarakat berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program

Adiwiyata", Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, Vol. 2, No. 1, (2015): 31-37

Daryanto. (2013). Pengantar Pendidikan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Gava Media

Faturrahman, Pupuh, Pengembangan Pendidikan Karakter, Bandung: Refika Aditama, 2013.

Multi Kasus di SMP Negeri 10 Samarinda dan SMP IT Cordova Samarinda, Master Thesis, UIN Maulana Malik Ibrahim, 2015.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia No. P52 Tahun 2019

M., Borchardt, M., Vaccaro, G. L. R., & Pereira, G. M. (2015). Motivations for promoting the consumption of green products in an emerging country : exploring attitudes of Brazilian consumers. Journal of Cleaner Production, 106, 507–520.

Suryosubroto. (2004). Manajemen Pendidikan Sekolah. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Sudirman, S. & Alhudhori, M., 2018. Pengaruh Konsumsi Rumah Tangga, Investasi Terhada Ekonomi di Provinsi Jambi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 2(1), pp.81-91.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.