Efektivitas Penerapan Google Meet Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas IX SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien Tahun Pelajaran 2021/2022

Ana Zulfa Hasanah

Abstract


Saat ini pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) merupakan masalah kesehatan global yang terjadi di seluruh dunia. Covid-19 merupakan penyakit yang ditularkan melalui droplet, sehingga untuk mencegah penularan virus tersebut masyarakat dan pemerintah beradaptasi dengan menjaga jarak fisik satu sama lain (physical distancing) dan membatasi kegiatan di luar rumah dengan melaksanakan kegiatan belajar mengajar, bekerja, dan aktivitas lainnya dengan aplikasi berbasis online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektivitasan pembelajaran berbasis daring via Google Meet terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris di Kelas IX SMP IP Al Mubtadi-ien. Pembelajaran daring yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang memanfaatkan penggunaan Google Meet. Paparan pada artikel ini adalah bagian dari laporan penelitian tindakan kelas yang fokus utamanya adalah melihat efektivitas pembelajaran berbasis daring yang ditinjau dari dua pendekatan, yaitu perbandingan pada saat seebelum menerapkan Google Meet dan sesudah Google Meet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran berbahasa Inggris antara sebelum dan sesudah penggunaan Google Meet. Dalam hal ini, pembelajaran daring berbantuan Google Meet tersebut memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan membaca dan keaktifan bahasa Inggris siswa.

 

Keywords: Bahasa Inggris, Google Meet, Keaktifan


Full Text:

PDF

References


Haqien Danin, Rahman Affifadiyah Aqiilah. 2020. Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol. 5 No. 1 Agustus 2020. p-ISSN: 2527-967X.

Herliandry Luh Devi, Nurhasanah, Suban Enjelina Maria, Kuswanto Heru. 2020. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 22, No. 1, April 2020. p-ISSN: 1411-2744. DOI: https://doi.org/10. 21009/jtp.v22i1.15286.

Juniarti NME, Rasna IW. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 9 No 2, Oktober 2020.

Karmedi Ihsan Muhammad, Firman, Rusdinal. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah.

Journal of Education Research, 2(1), 2021, Pages 45.

Lailatul Nurul, Hakim Lukam. 2019. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada

Nurdyansyah. 2017. Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Universitas Negri Surabaya. Retrieved from http://eprints.umsida.ac.id/1625/1/Sumber%20Daya%20dalam%20Teknologi%20Pendidikan pdf

Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tsaqif. P ISSN: 1829-5940 Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan. Vol 17, No. 1 Juni 201. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667

Wahyuni Nur Vivin. 2021. Efektifitas Penggunaan Google Meet Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD AL-Islam Plus Krian Sidoarjo. Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya. Surabaya. Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/46396/2/Vivin%20Nur%20Wahyuni_D07217032.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.