Tantangan Pembelajaran Daring Guru SD Muhammadiyah Kedungbanteng II di Masa Pandemi

Yuanita Anis Isnaini, Riana Mashar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan pembelajaran daring guru SD Muhammadiyah Kedungbanteng II di masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah 9 guru yang ada di sekolah tersebut. Selama pembelajaran daring berlangsung, ditemukan beberapa hambatan yaitu kurangnya penguasaan teknologi dalam penggunaan platform belajar online, berkurangnya interaksi guru dengan siswa, dll. Sedangkan selain hambatan yang ditemukan, guru juga memiliki peluang di masa pandemi seperti ini yaitu menjadikan kesempatan guru untuk beradaptasi dengan teknologi, menjadikan guru lebih kreatif, dan memiliki dokumentasi yang banyak. Pembelajaran daring pada masa pandemi ini merupakan momentum dalam mengukur kesiapan metode pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran dapat berlangsung dimana saja, kapan saja, dan dalam situasi apa saja. Namun masih banyak yang harus diperhatikan dalam kegiatan pembelajaran daring ini.


Full Text:

PDF

References


Furkan, dkk. 2021. Tantangan Guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3877-3883

Hendrastomo, Grendi. 2021. Dilema dan Tantangan Pembelajaran E-Learning 1. Academia, 1-13

Kahfi, Ashabul. 2020. Tantangan dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dirasah, 3(2), 137-154

Nurul Arifa, Fieka. 2020. Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat, 12(7), 13-18

Sutarna, Nana,dkk. 2021. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Siswa Usia 5-8 Tahun. Jurnal Obsesi :Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 288-297.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.