Nilai Karakter yang Harus Dikuasai Siswa

Dinda Egga Oktamara, Ratri Nur Hidayati

Abstract


 

Pendidikan karakter adalah kebutuhan yang mendasar bagi setiap individu, terutama untuk siswa. Pendidikan karakter juga merupakan realisasi untuk mencapai generasi yang memiliki kecerdasan dan moralitas yang tinggi serta mempunyai kepribadian atau karakter yang mempunyai daya guna bagi bangsa dan negara. Keberhasilan pendidikan karakter ini dapat dilihat dari betapa hebatnya mereka ketika mereka mampu menyeimbangkan kemampuan emosional dan psikomotorik untuk menjadi manusia yang seutuhnya. Di masa pandemi ini, pembelajaran di sekolah dimodifikasi sedemikian rupa sesuai dengan peraraturan pemerintah dan dilakukan secara online (dalam jaringan). Pembelajaran ini dilakukan di rumah dan tanpa datang ke sekolah sehingga guru hanya bisa bertemu siswa secara virtual. Pertemuan secara virtual ini membuat guru tidak mempunyai akses mengontrol pendidikan karakter siswa secara utuh. Kegiatan pembelajaran banyak dilakukan secara daring sehingga menjadi suatu tantangan tersendiri bagi guru dalam melaksanakan proses pendidikan karakter. Banyaknya kendala yang dialami guru ketika melakukan proses pendidikan karakter ini membuat tidak maksimalnya proses penyampaian dan membuat pemahaman siswa kurang terhadap pentingnya pendidikan karakter. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tersampaikan dan diterapkannya pendidikan karakter siswa di SMP N 2 Imogiri di masa pandemi karena pendidikan karakter adalah kebutuhan yang mendasar bagi setiap individu, terutama untuk siswa.

  Fast traslate Icon translate

Full Text:

PDF

References


Sudrajat, Ajat. (2011). MENGAPA PENDIDIKAN KARAKTER?. Jurnal Pendidikan Karakter. 1(1). FIS Universitas Negeri Yogyakarta.

Isriwal P. A, Firman, R. (2019) ‘KOMPETENSI GURU: DALAM MEWUJUDKAN GENERASI BERKARAKTER DAN TERAMPIL DI ERA 4.0’, 3, p. 2.

Dwi Ariyanto, Restu, dkk. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA PANDEMI COVID-19: TANTANGAN DAN KONTRIBUSI. Prosiding Seminar Nasional FIP, 128-135. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Jumarto Suriadi, Harri, dkk. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1). Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat.

https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pendidikan-karakter-di-masa-pandemi-menjadi-tanggung-jawab-siapa diakses pada 29 Agustus 2021 pukul 22.00 WIB

https://www.smkbpdkw.sch.id/blog/pentingnya-pendidikan-karakter-bagi-pelajar/ diakses pada 1 September 2021 pukul 21.10 WIB

https://sisschools.org/sis-semarang/id/mengapa-pendidikan-karakter-penting/ diakses pada 1 September 2021 pukul 22.15 WIB

Cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id diakses pada 3 September 2021 pukul 22.52 WIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.