PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PAI DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Nur Asih Istiqomah, Fadhlurrahman Fadhlurrahman

Abstract


Salah satu kebijakan yang telah dirancang oleh pemerintah untuk mencegah meluasnya wabah adalah dengan menerapkan peraturan Work From Home (WFH). Dampak diterapkannya kebijakan WFH  dalam dunia pendidikan adalah kegiatan belajar mengajar di sekolah sementara dilakukan secara jarak jauh.  Kebijakan ini memunculkan problematika bagi guru dan juga peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran daring PAI selama pandemi di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah field research yakni mengkaji peristiwa yang terjadi di lapangan. Data yang diperoleh melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika guru dalam pembelajaran daring PAI di SMP Mugadeta dapat teratasi dengan 1) membantu memenuhi kebutuhan guru dalam mengajar daring yakni pengadaan komputer dan kuota internet; 2) melakukan pelatihan kecakapan menggunakan teknologi bagi guru-guru di sekolah dan juga peserta didik. Sebagai upaya mengatasi problematika bagi peserta didik sekolah melakukan koordinasi, sosialisasi dan kolaborasi.

Full Text:

PDF

References


Anwar, S. (2016). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Islam, 7, 13.

Bukran, B. (2019). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Guru SMA Kelas X di Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1. https://doi.org/10.29303/jipp.v1i2.17

Chamaeng, M. B. (2017). Problematika Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) di Sekolah Samaerdee Wittaya Provinsi Patani Selatan Thailand. Semarang : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Negeri Walisongo.

Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.17

Helaluddin, H. (2018). Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif.

Indria, A. (2019). Gagasan dan Pemikiran Zakiya Daradjat dalam Pendidikan Islam. 1, 20.

Kemendikbud, P. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) – Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbudristek. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Ma’rifah, D. (2020). Implementasi Work From Home: Kajian Tentang Dampak Positif, Dampak Negatif dan Produktifitas Pegawai. Civil Service Journal, 14(2 November), 53–63.

Rahman, S. F. (2020). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di masa Pandemi Covid-19 di SMP Islam Nurussalam Al-Khoir Moojolaban Sukoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020. 20.

Saebani, B. A. (2009). Metode Penelitian Kualitatif / Afifuddin, Beni Ahmad Saebani. Pustaka Setia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.