Peningkatan Semangat Belajar Kelas VIII dengan Media Quizizz di SMPN 13 Yogyakarta

Ani Wijayanti, M. Ardi Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media pembelajaran serta kefektifan penggunaan media Quizizz terhadap peningkatan semangat belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 13 Yogyakarta. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan kajian data menggunakan metode deskriptif-kuantitatif. Subjek penelitian yaitu pengaruh media Quizizz dalam meningkatkan semangat belajar daring. Objek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 13 Yogyakarta dengan sampel kelas VIII B dan VIII C. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media pembelajaran Quizizz dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 13 Yogyakarta karena sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Ketidakcocokan perantara/media pembelajaran yang diaplikasikan di kelas menyebabkan peningkatan semangat belajar peserta didik kurang maksimal.

Full Text:

PDF

References


Ermayulis, S. (2020). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring dan Luring di Tengah Pandemi Covid-19. Retrieved from STIT AL-Kifayah Riau website: https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/penerapan-sistem-pembelajaran-daring-dan-luring-di-tengah-pandemi-covid-19/

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra, 181–188.

Krissantono, W. (2013). Pemanfaatan Media Pembelajaran Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI SDN 03 Kelampai.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.