Menanamkan Nilai-Nilai Islami Dalam Materi Bahasa Inggris: Tantangan Bagi Guru

Khusnul Putriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kemampuan guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai keislaman saat memberikan materi bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 04 Gamping. Penelitian ini berfokus pada pengajaran bahasa Inggris dan proses pembelajaran di kelas 8 SMP Negeri 04 Gamping. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan data dokumen. Penulis mengamati sekolah, menggunakan silabus, RPP, dan buku teks bahasa Inggris sebagai dokumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam terintegrasi dengan baik dengan kegiatan di lingkungan sekolah. Sementara itu, dalam observasi kelas, penulis menemukan bahwa nilai-nilai Islam belum ditemukan dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris. Menanamkan nilai-nilai Islam dalam materi bahasa Inggris menjadi kendala tersendiri bagi guru mata pelajaran. Faktor utamanya adalah kurangnya pengetahuan lebih lanjut dalam konteks agama. Oleh karena itu, tulisan ini akan memberikan banyak informasi tentang nilai-nilai dan etika Islam dalam pengajaran bahasa Inggris (ELT), peran guru, dan tantangan apa yang dihadapi dalam menanamkan nilai-nilai Islam ke dalam materi bahasa Inggris. Pada akhirnya, penelitian ini diakhiri dengan rekomendasi dari penulis berdasarkan observasi yang telah dilakukan agar guru mendapatkan gambaran bagaimana menanamkan nilai-nilai Islam dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris. Misalnya dengan memberikan latihan tentang topik-topik Islami, menggunakan nama-nama Islami untuk orang, peristiwa, dan tempat, atau mampu menghubungkan ayat-ayat Al-Qur'an yang relevan dan menggunakannya sebagai bahan untuk diterjemahkan menggunakan buku-buku bahasa Inggris yang berisi pesan-pesan Islami.


Full Text:

PDF

References


Alam, D. H. (2011, Mei ). Model Pesantren Modern Sebagai Alternatif Pendidikan Masa Kini dan Masa yang akan Mendatang. (M. Prof. DR. H. Zulmuqim, Ed.) Gaung Persada.

Dewi Puspitasari, H. P. (n.d.). How do primary school English textbooks teach moral values? A critical discourse analysis. Studies in Educational Evaluation.

Galuh Nur Rohmah, L. H. (2019, June 17). ISLAMIC VALUES INTEGRATION IN ENGLISH LESSON AT MADRASAH TSANAWIYAH: TEACHERS’ BELIEFS AND PRACTICES. Lingua Scientia.

HuijuanChenaMingyaoLiaXinyuNibQiaoZhengcLingyanLia. (n.d.). Teacher effectiveness and teacher growth from student ratings: An action research of school-based teacher evaluation. Studies In Eucational Evaluation.

Indahyanti, R. (2017, May). STUDENT TO SELF-FEEDBACK IN IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING ABILITY. Exposure Journal, 6(01).

Kholkova. (2018, August 23). English. ENGLISH AS A GLOBAL LANGUAGE.

Linse, A. R. (2016). Interpreting and using student ratings data: Guidance for faculty. Studies in Educational Evaluation.

Miftahur Rohman1, H. (2018). KONSEP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF NILAI-NILAI SOSIAL KULTURAL. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9.

Rohmana, W. I. (MARCH, 2020). Immersing Islamic Value in English Language Teaching: A Challenge for English. Jurnal of English Language Teaching, 04 (02).

Septian Dwi Cahyo, M. R. ( 2019, June ). Needs analysis of Islamic-based English reading material for the. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), Vol. 8.

SUHUD, W. (2018, July 19). AN ANALYSIS OF THE INTEGRATION OF THE ISLAMIC VALUES INTO THE ENGLISH LANGUAGE CURRICULUM. Thesis.

SUHUD, W. (n.d.). INCORPORATING RELIGIOUS VALUES IN ENGLISH LEARNING MATERIALS. Thesis.

Umam, C. (2014). MAINTAINING ISLAMIC VALUES IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING IN INDONESIAN PESANTRENS. Dikdaktia Religia, 02.

Yapono*, A. (2015, November). Filsafat Pendidikan dan Hidden Curriculum. TSAQAFAH JOURNAL PENELITIAN ISLAM, 11.

Zaitun1), S. K. (n.d.). Islamic Values in the Context of English Learning. English Language In Focus.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.