Analisis Pemanfaatan Google Classroom Dalam Pembelajaran Literasi Di Sekolah Menengah Pertama

Gemminastiti Eka Putri, Nur Fatimah

Abstract


Platform Google classroom menjadi salah satu yang digunakan dalam pembelajaran daring di masa pandemi. Artikel ini menjelaskan  fakta berdasar  preliminary study dalam menggunakan Google classroom dihubungkan dengan pembelajaran literasi di sekolah menengah pertama. Penelitian bersifat  kualitatif deskriptif. Data diambil melalui angket dengan pertanyaan terbuka dan wawancara dengan guru SMP. Hasilnya menunjukkan bahwa pemanfaatan  Google classroom mampu mempermudah dan membantu kerja guru selama pembelajaran daring. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pembelajaran literasi belum optimal karena ada kendala dalam jaringan, pengawasan orang tua dan motivasi siswa.

Full Text:

PDF

References


Al-Wasilah, A Chaedar. (2012). Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung : PT Kiblat Buku Utama.

Aulia, S. (2020). Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi. 20 Juli. https://www.suara.com/yoursay/2020/07/20/1 75556/pembelajaran-daring-pada-masa pandemi

El Fauziah, U. N., Suryani, L., & Syahrizal, T. (2019). Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Bahasa Inggris kepada Guru-Guru Bahasa Inggris SMP di Subang. Abdimas Siliwangi, 2(2), 183-191.

Latip, A. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 107-115.

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis literasi digital calon guru sd dalam pembelajaran berbasis virtual classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 116-123.

Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533-538.

Saputri, N. C., Sari, R. K., & Ayunda, D. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 15-26.

Sevima. (2020). Pengertian Literasi menurut para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip. Retrieved from sevima: https://sevima.com/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkan social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 31-34.

Umairah, P., & Zulfah. (2020). Peningkatan motivasi belajar menggunakan “google classroom” ditengah pandemi covid-19 pada peserta didik kelas xi ips 4 sman 1 bangkinang kota. Journal On Education, 275-285.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 3, 232-243.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.