Pemanfaatan Kartu Kata terhadap Pemahaman Kosakata Baku dan Tidak Baku Peserta Didik

DESY ASFIYATUN, Purwati Zisca Diana

Abstract


 

Bahasa setiap tahun mengalami perkembangan dan perubahan menyesuaikan perkembangan hidup masyarakat. Perkembangan tersebut tidak terlepas dari pedoman atau kaidah yang telah ditetapkan bersama. Salah satu perkembangan dalam bahasa Indonesia yakni kosakata baku dan tidak baku. Memahami dan menerapkan kosakata tersebut penting untuk dilaksanakan pada jenjang SD yang berguna sebagai dasar memahami bahasa Indonesia secara utuh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui cara simak libat cakap, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah teknik catat. Berdasarkan hasil data yang telah dianalisis, pemahaman kosakata baku dan tidak baku peserta didik meningkat dengan menggunakan kartu kata, meskipun masih ada peserta didik yang tidak dapat memahaminya dengan baik. Ada tiga faktor yang memengaruhi pemahaman peserta didik mengenai kosakata baku dan tidak baku. Pertama, penggunaan kartu kata dalam kegiatan pembelajaran. Kedua, tingkat konsentrasi peserta didik. Ketiga, ketelitian dan kecermatan peserta didik.

 

Kata kunci: Kosakata Baku, Kosakata Tidak Baku, Sekolah Dasar (SD) dan Kartu Kata.


Full Text:

PDF

References


Dari, I. W. (2019). Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku dalam Teks Narasi pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Waway Karya tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Bandar Lampung.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di SD dan MI. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 2, 81–98.

Kosasih, E dan Hermawan, W. (2012). Bahasa Indonesia berbasis Kepenlulisan Karya Ilmiah dan Jurnal. Bandung: Thursina.

Lasa, H. dan U. S. (2017). Kamus Kepustakawanan Indonesia edisi 4. Yogyakarta: Calpulis.

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa: Tahap Strategi, metode dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo.

Maleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setiawati, S. (2016). Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam Pembelajaran Kosakata Baku dan Tidak Baku pada Siswa Kelas IV SD. Gramatika, 2, 44–51.

Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural (Ermanto, ed.). Padang: FBS UNP Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.