Peran Aplikasi Whatsapp dalam Kegiatan Belajar Siswa di SD Bopkri Palihan di Masa Pandemi

Restiana Siti Mustaqimah

Abstract


Abstrak:.Tujuan dari penelitian yakni dalam rangka mengetahui peran aplikasi whatsapp beserta kendala guru saat mengajar dalam kegiatan pembelajaran daring. Peneliti melakukan observasi serta wawancara langsung kepada guru , siswa dan kepala sekolah sebagai Teknik pengumpulan data. Peneliti memilih konsep Milles & Huberman sebagai Teknik Analisa data, yang cakupannya adalah melakukan reduksi data, melakukan penyajian data serta menyimpulkan atas paparan data. Peneliti memakai pendekatan kualitataif serta berjenis deskriptif. Peneliti memakai Teknik trigulasi sumber untuk uji keabsahan data. Sementara untuk teknik trigulasi peneliti memakai trigulasi sumber. Peneliti menemukan hasil peran yang guru lakukan guru diantaranya memberi dorongan pada kedisiplinan siswa dan mengerjakan tugas, memberi contoh serta memberikan arahan pada siswa terkait tindakan positif, membangun Kerjasama bersama orangtua, memberi pujian, mengetahui peran penggunaan whatsapp dalam pembelajaran. Kendala yang dihadapi oleh guru yaitu sulitnya menyampaikan materi dan sulitnya mengajari pembiasaan membaca anak. Penggunaan smartphone bergantian dengan orang tua dan kakak dan kurnagnya pendampingan dari orang tua karena harus bekerja.   


Full Text:

PDF

References


Darmadi. (2015). Optimalisasi Strategi Pembelajaran. Bogor: Gramedia.

Moleong, L. j. (2005). Meodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nursalina, A. I. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Minat Membaca Pada Anak. Educational Psychology Journal 3 , 1.

Puspitasari, I. H. (2020). Pengaruh Dimensi Work Life Balance terhadap Kinerja Karyawan melalui kepuasan Kerja. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 8(2), 454–463.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.