Identifikasi Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di SMP Negeri 15 Yogyakarta

Fatiya Hanif, Febritesna Nuraini

Abstract


Peneltian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Populasi penelitian yakni seluruh guru SMP Negeri 15 Yogyakarta dan untuk sampel sebanyak 13 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan studi literature dan hasil kuisioner. Hasil analisis menunjukan guru SMP Negeri 15 Yogyakarta seluruhnya telah memanfaatkan TIK dalam pembelajaran, namun terdapat beberapa guru yang belum memahami tiap fungsi yang tersedia sehingga pemanfaatan TIK kurang optimal dan pembelajaran pun belum maksimal.

Full Text:

PDF

References


Asiba Widya Pratisca. (2021). Pentingnya Teknologi Bagi Guru Pada Masa Pandemi Covid 19. OSFPREPINTES.

Aka Kukuh Andri. (2018). Instrumen Analisis Kebutuhan Pemanfaatan TIK Di Sekolah Dasar. Resposttory Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1-9.

Andriani Dwi Esti. (2010). Mengembangkan Profesionalitas Guru Abad 21 Melalui Program Pembimbingan Yang Efektif. Jurnal Manajemen Pendidikan 78-82.

Arifin M. Zainal dan Setiawan Agus. (2020). Strategi Belajar Dan Mengajar Guru Pada Abad 21. 2(1).

Badan Pusat Statistik. (2019). Indeks Pembangunan Teknologi dan Komunikasi (IP-TIK) 2019. 1.

Dewi Suci Zakiah dan Irfan Hilman. (2018). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education (2)(2). 48-53.

Sahelatua Lounard Syaulan, Linda Vitoria, Mislinawati. (2018). Kendala Guru Memanfaatkan Media IT Dalam Pembelajaran Di Sdn 1 Pagar Air Aceh, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah 3(2), 131-140.

H.R. Budiana, Sjafirah, N.A. dan Bakti, I. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru Smpn 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 4(1), 59-62.

Huda Irkham Abdaul. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kulaitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING 2(1). 121-125.

Rulviana Vivi. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional PBSI UPY (1)(1). 161-164.

Syahputra Edi. (2018). Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN 1(1). 76-83.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.