Peran Guru PAI dalam Menanamkan Budaya dan Berkarakter Islami pada Siswa

Alfia Miftakhul Jannah, Yusuf Hanafiah, Fadli Rais

Abstract


Peran guru terkhusus guru Pendidikan Agama Islam sangatlah penting. Pada masa sekarang, banyak dari peserta didik yang kurang memiliki karakter dengan baik, seperti saling acuh terhadap teman bahkan guru, kurangnya sikap jujur, tidak berdisiplin dan bertingkah tidak sesuai dengan ajaran dan norma agama Islam.  Dalam hal ini, maka terdapat beberapa pendekatan yang bisa digunakan oleh para guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk budaya islami dan berkarakter, yaitu salah satunya dengan menggunakan pendekatan kebiasaan.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan budaya islami dan berkarakter khususnya di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan yang teknik pengumpulan datanya menggunakan wawanacara dan didukung oleh dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian ini, para guru telah berperan dalam pembentukan budaya islami dan berkarakter pada peserta didik, yaitu dengan pendekatan pembiasaan, pendekatan tersebut yaitu berupa pembiasaan untuk membaca doa sebelum memulai pembelajaran, bertadarus sebelum memulai pembelajaran, pembiasaan untuk wajib mengikuti shalat Zuhur berjamaah dan membiasakan untuk senantiasa jujur didalam kehidupan.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2014). Filsafat Pendidikan Islam Pengantar ke Arah Kependidikan dalam Islam. Lampung: STAIN Jurai Siwo Lampung.

Maylisa, D. (2020). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Islami Siswa di SMP Muhamamdiyah 1 Seputin Banyak. Lampung: IAIN Metro.

Minarti, S. (2016). Ilmu Pendiidkan Islam dan Fakta-Filosofis & Aplikatif-Normatif. Jakarta: Amzah.

Mujib, A., & Mudzakkir, J. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. (2015). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wisnatni. (2018). Implikasi Guru Profesional dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Tarbawi, 37.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.