Keefektifan Penggunaan Aplikasi Google Meet Materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Novia Fidela Ivania, Anggit Prabowo, Arif Budi Haryono

Abstract


Pembelajaran online diharapkan berjalan dengan baik yaitu guru dapat memanfaatkan dengan maksimal adanya teknologi yang berkembang. Pemilihian media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Google Meet sudah dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.Guru dan siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta cederung dalam menggunakan Google Meet. Penggunaan Google Meet dinilai lebih efektif dalam penggunaannya dibandingkan menggunakan media pembelajaran online lainnya. Tujuan dari penelitian ini adaalh untuk mendeskripsikan pendapat guru dan siswa dalam menggunakan Google Meet pada pembelajaran di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Dan berdasarkan hasil penelitian dan observasi penggunaan Google Meet dinilai lebih efektif apabila dibandingkan dengan media pembelajaran lainnya. Dalam penggunaan media Google Meet juga dinlai lebih diminati oleh siswa karena dianggap lebih dapat menerima materi pembelajaran dengan baik.  

Full Text:

PDF

References


(Aisyah & Sari, 2021; Aminah & Aminah, 2021; Ninin Dwi Novita, Muhammad Nur Hadi, 2020; Pernantah et al., 2021; Sawitri et al., 2020; Soemari et al., 2020)Aisyah, S., & Sari, D. I. (2021). Efektivitas Penggunaan Platform Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 45–49.

Aminah, S., & Aminah, S. (2021). Penerapan Aplikasi Google Meet dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XI SMA Negeri 9 Samarinda pada Masa Pandemi Covid-19. Sistema: Jurnal Pendidikan, 2(4), 33–42.

Ninin Dwi Novita, Muhammad Nur Hadi, S. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning. Jurnal Yudharta, 4(2), 165–176.

Pernantah, P. S., Nova, N., & Ramadhani, A. S. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Meet dalam Menunjang Keefektifan Belajar Daring Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 45–50.

Prabowo, A., Anggoro, R. P., Adiyanto, R., Rahmawati, U. (2018). Interactive Multimedia-based Teaching Material for Trigonometry. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1097 (2018) 012138 doi :10.1088/1742-6596/1097/1/012138

Prabowo, A., Anggoro, R. P., Astuti, D., Fahmi, S. (2017). Interactive multimedia-based teaching material for 3-dimensional geometry. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 943 (2017) 012047 doi :10.1088/1742-6596/943/1/012047.

Prabowo, A. dan Dahlan, D. A. (2020). Pengembangan Tes Matematika dengan Konteks COVID-19 untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Jurnal Elemen, Vol. 6 No. 2, 302 – 317.

Sawitri, D., Informatika, T., & Harapan, U. (2020). Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 ( Covid-19 ). 2019(April), 13–21.

Soemari, Y. B., Sapri, Maghfiroh, F., Yuniarti, Achaditani, N. M., Variani, R., Tsabitah, A. F., Zulkarnain, A. K., Wahyuningsih, M. S. H., Nugrahaningsih, D. A. A., Akmaliyah, M., Syamsul, E. S., Amanda, N. A., Lestari, D., 2021, scmidt iotc, Sumule, A., Kuncahyo, I., Leviana, F., Xue-, W., Kimia, J. T., … Jubaidah, S. (2020). KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANJARNEGARA. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(1), 5–7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.