Penerapan Adaptasi Teknologi Melalui Program Kampus Mengajar di SD Muhammadiyah Kalangan

Helvi ikhsantiana, Heni Siswantari

Abstract


Kampus mengajar merupakan bagian dari salah satu program kampus merdeka yang berfokus pada penguatan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi pada pembelajaran daring saat ini. Selain itu, dalam program kampus mengajar ini menjadikan sebuah wadah yang sangat baik untuk para mahasiswa terutama pada program studi Pendidikan serta mahasisawa menjadi memiliki pengalaman yang nyata dan luar biasa karena dapat terjun langsung selama kurang lebih 5 bulan lamanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru, siswa dan orang tua wali murid. Objek penelitiannya yaitu mengenai adaptasi teknologi melalui program kampus mengajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya yaitu guru menjadi paham terhadap platform google meet dan media pembelajaran dengan power point, serta pembelajaran dan materi yang disampaikan oleh guru dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa, dan dapat mengikuti perkembangan adaptasi teknologi untuk melangsungkan proses pembelajaran daring.


Full Text:

PDF

References


Aan W, Saidatul I, Kholida F. 2021. Implementasi Merdeka belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 16(2) : 102-107.

Anggi N, Indah P, Muhammad Z, Elvina M, Fibula R, Eka W, Siti. Adaptasi Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Sebagai Bentuk Upaya Mitigasi Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Elementary. 4(1) : 60-65

Chairul I, Muhammad N. 2020. Ancaman Krisis Ekonomi Global dari Dampak Penyebaran Virus Corona (Covid-19). Jurnal Akmen. 17(1) : 90-98

Marinda S, Filina Y, Erina N, Fitriaa N, Nurvika R, Yuliana E. 2021. Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sutojayan. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(2) : 79-83.

Nanik M, Wiputra C. 2020. Upaya Guru dalam Adaptasi manajemen Kelas untuk Efektifitas Pembelajaran Daring. Jurnal Perseda. 3(3) : 134-140.

Ni Komang. 2020. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang. 11(2) : 2087-0760

Rahma A. 2021. Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kemdikbud di Sekolah Dasar. Jurnal Dedikasi. 1(2).

UhlulQoriawati,Lu’luil Maknun. 2021. Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring Bagi Pesrta Didik pada masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah. 3(1) : 34-51

Wahyu A. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1) : 55-61.

Yustika I, Catur A. 2020. Adaptasi Guru Dalam Implementasi Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Jurnal prosiding seminar nasional Pendidikan. 3(1) : 60-67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.