Paradigma Belajar Mengaji Secara Daring Pada Masa Pandemi di SMP Muhammadiyah 1 Depok

Fitri Nur Cholifah, Fadlurrahman Fadlurrahman

Abstract


Belajar merupakan komponen yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehingga menjadikan kita dapat mengetahui tentang banyak hal, salah satunya yaitu belajar mengaji. Penelitian ini berisikan belajar mengaji secara online pada masa pandemi dengan tujuan mengajarkan kepada siswa bahwa pentingnya belajar mengaji untuk bekal kehidupan di dunia dan akhirat. Ruang lingkup penelitian ini yaitu dalam belajar mengaji pada masa pandemi di SMP Muhammadiyah 1 Depok. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh penulis, belajar mengaji secara online cukup berhasil dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Depok walaupun dalam melaksanakan belajar mengaji secara daring ini banyak mendapatkan hambatan, penulis dalam penelitian ini menemukan bahwa kehadiran peserta didik cukup disiplin mengikuti kegiatan belajar mengaji sehingga penulis dapat menyimpulkan bahwa minat mereka dalam belajar mengaji cukup tinggi meskipun tidak dilaksanakan secara tatap muka. Namun, guru dan peserta didik dapat bekerjasama dalam melaksanakan program kegiatan yang telah dijadikan acuan kegiatan tersebut

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an. (n.d.).

Budiati Yulia. (2017). Pengaruh Pengelolaan Tutorial Online Terhadap Partisipasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8, 54–67.

Hakim, R. (2014). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Karakter.

P. Sari. (2015). Motivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Quro, 6, 20–35.

Putra, A. S., & Radita, F. R. (2020). Paradigma Belajar Mengaji Secara Online Pada Masa Pandemic Coronavirus Disease 2019 ( Covid-19 ). Mataazir: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(I), 49–61.

Sobur, A. (2004). Analisis Text Media Suatu Analisis Untuk Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. PT. Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.