Penerapan Home Visit Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 SDN Tirtomulyo

Naelatul Mahfiroh, Fauzia Fauzia

Abstract


Abstrak: penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran pada siswa kelas 1 SDN Tirtomulyo selama pandemi melalui penerapan pembelajaran home visit. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tirtomulyo kecamatan Sewon, dengan metode tindakan kelas. Sampel kasus diambil dari siswa kelas 1 yang berjumlah 15 siswa. Peneliti menggunakan pengisian angket sebagai data primer dan observasi langsung sebagai data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa yang memiliki motivasi tinggi saat belajar daring hanya 13% dari 100%. Lalu diterapkan pembelajaran secara home visit, dari hasil tindakan ini menunjukkan adanya kenaikan jumlah siswa dengan kategori motivasi belajar tinggi yang signifikan yaitu 100 %. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan home visit dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas 1 di SDN Tirtomulyo.


Full Text:

PDF

References


Alifah, U. (2021). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD. 3(2), 6.

Anam, K., & Yahya, M. S. (2021). Inovasi Guru dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 8–15.https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2090

Ilhan, F., Ozfidan, B., & Yilmaz, S. (2019).Home visit effectiveness on students’ classroom behavior and academic achievement. Journal of Social Studies Education Research, 10(1), 61–80.

Legiman. (2015). Penelitian Tindak Kelas (PTK). LPMP Yogyakarta, 1(1), 1–15. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2015/02/Penelitian-Tindakan-Kelas-PTK-legiman.pdf&ved=2ahUKEwjK7aGUlZroAhWGyTgGHc20BC0QFjADegQIARAB&usg=AOvVaw3WL-rUuvxMRRWLfrtJXMTd

Mokodompit, I. S. (2020). Home Visit sebagai Refleksi Kurikulum Darurat Covid-19: Kesiapan Guru, Respon Siswa, Materi dan Hasil Belajar di Madrasah Tsanawiyah. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.26594/dirasat.v6i2.2200

Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881

Permata Sari, N., & Juniarti, Y.2019). Evaluasi Peserta Didik Menggunakan Kunjungan Rumah/Home Visit. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 107–113. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.838

Susilo, A., Rumende, C.M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415

Yusrizal, Lubis, B. S., Fatmawati, & Muzdalifah, D. (2020).Pengaruh Metode Visit Home dan Pola Bimbingan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Tematik, 10(3), 113–119. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tematik/article/view/22102/14818


Refbacks

  • There are currently no refbacks.