Media Pembelajaran Sebagai Alat Penunjang Proses Pembelajaran Daring Pada Saat Pandemi Covid-19

Oqy Andaresta, Tri Yaumil Falikah

Abstract


Tujuan dari dibuatnya artikel ini ialah untuk mengetahui media pembelajaran sebagai alat penunjang di dalam pembelajaran daring yang saat ini sedang berlangsung. Media pembelajaran yang digunakan antara lain ialah Youtube, WhatsApp, Zoom, Google Meet, Goggle Classroom dan sebagainya. Artikel yang penulis tulis ini mendapatkan data dari artikel-artikel sebelumnya dan juga dari observasi di suatu sekolah tentang media pembelajaran yang digunakan.

Artikel ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran secara daring di masa pandemi covid-19 ini sudah berjalan dengan baik dilihat dari pemanfaatan media pembelajaran yang bisa digunakan sesuai dengan materi pengajaran yang dibutuhkan baik oleh guru pada saat penyamaian materi maupun oleh siswa. Sebab pembelajaran akan berlangsung dengan baik jika menggunakan media pembelajaran yang sesuai dan mampu diterima dengan baik oleh siswa pada saat guru menggunakan media pembelajaran tersebut. Serta yang mampu membuat proses pembelajaran berjalan secara dua arah, tidak hanya dari guru saja melainkan ada respon balik yang diberikan oleh siswa.


Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Video Terhadap Minat dan Hasil Belajar siswa kelas XI pada Pembelajaran PAI di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Jurnal Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, vol.5, no.1, 56-70.

Haryani. (2021). Penerapan e-learning sebagai media pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih di MTs Negeri Klaten. Teaching: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, vol.1, no.2, 60-67.

Himatul Ulya, N. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PAi dengan Menggunakan Video EXplanasi, Pop Up dan Kahoot. Jurnal Edudeena: Journal Of Islamic Religion Education, vol.4, no.1, 39-48.

Imam Ja'far Shodiq, H. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi di tengah Penyebaran Covid-19 di MI Nurul Huda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, vol.6, no.2, 144-157.

M.Burhan, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Pyublik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Rvaluasi Dalam dunia Pendidikan dan Pengajaran. Jirnal Lentera Pendidikan, vol.11, no.2, 220-223.

Pakpahan, R. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Covid-19. Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting and Reseacrh, 32-33.

Riski Wahyuningtyas, B. S. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ulmu Pendidikan, vol.2, no.1, 23-27.

Roida, P. (2020). Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Covid-19. Journal Of Information Syste, Applied, Management, Accounting and Research, 32-33.

Salsabila, U. H. (2020). Pemanfaatkan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 10.

Suryawati, D. P. (2006). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, vol.1, no.2, 312.

Yensy, N. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Statistika Matematika melaui Media WhatsApp Group dari Hasil Belajar Mahasiswa pada Masa pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Raflesia, vo.05, n0. 02, 65-72.

Yuniastuti, N. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil belajar Daring Biologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol.6, no.1, 92-99.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.