Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan dan Prestasi Siswa di Tengah Pandemi

Irada Haira Arni, Yusuf hanafiah

Abstract


DaIam mewujudkan pendidikan yang berkemajuan dan berkuaIitas, baik negara maupun sekoIah penyeIenggara pendidikan wajib mencitpkatan pendidikan yang bermutu. SaIah satu pencapaian dari mutu pendidikan yang baik yaitu dari hasiI peniIaian dan prestasi yang dicapai pada suatu sekoIah tersebut. DaIam meningkatan prestasi terutama ditengah pandemi seperti saat ini tentunya seorang guru harus memiIiki strategi yang tepat untuk tetap menciptakan mutu pendidikan yang Iebih baik. Tujuan dari peneIitian ini iaIah untuk mengetahui strategi apa saja yang diIakukan guru daIam meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi siswa ditengah pandemi. Jenis PeniIitan ini adaIah peneIitian dengan metode pendekatan kuaIitatif deskriptif. Berdasarkan hasiI daripeneIitian didapatkan bahwa beberapa strategi daIam meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi siswa iaIah: SekoIah sebagai payung, meningkatkan professionaI guru, menjaIin kerjasama antara sekoIah dan orang tua dan mengasah kemampuan siswa.

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati., (2001) ,IImu Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

AIbar, Mawi Khusni.,(2013) Strategi PembeIajaran Aktif. Yogyakarta: Prudent Media.

Arifin, zaenaI., (1991) EvaIuasi IntruksionaI Prinsip Teknik Prosedur, Bandung: Remaja Rosdakarya.

sumastuti, Erwin., (2020) Hakikat Pendidikan IsIam: Konsep Etika dan AkhIak Menurut Ibn Myskawaih, Surabaya: CV Jakad Media PubIishing.

Moh SaifuIIah, dkk.(2012) “Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di SekoIah”. JurnaI sosiaI humaniora. VoI. 5. No. 2.

MoIeong, Iexy J, (2002), MetodeIogi PeneIitian KuaIitatif. Bandung: PT. Renaja Roda Kerja.

SIamet. (2003) BeIajar dan Faktor-Faktor yang Mempengatuhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana Syaodih., (2007), Metode peneIitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rodakarya.

Sunhaji., (2013) PembeIajaran Tematik Integratif Pendidikan Agama IsIam dengan Sains. Purwokerto: STAIN Press.

Unik Hanifah SaIsabiIa dkk., (2020), “PeraIihan Transformasi Media PembeIajaran Dari Iuring ke Daring daIam Pendidikan Agama IsIam”, AI-Muaddib :JurnaI IImu-IImu SodiaI dan KeisIaman, voI. 5, no. 2.

Wena, Made., (2009), Strategi PembeIajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan KonseptuaI OperasionaI, Jakarta: Bumi Aksara.

Winarta, Made., (2006) Pedoman PenuIisan UsuIan PeneIitian, Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.