Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di TK ABA Kauman selama Pendampingan Belajar Dari Rumah

fetasya ayu valentina, Intan Puspitasari

Abstract


Anak usia dini merupakan individu yang berada pada masa tumbuh kembang. Usia ini memerlukan rangsangan edukatif, salah satunya dengan pemberian LKPD. Pemberian LKPD oleh pihak sekolah mampu membentuk interaksi antara peserta didik dan guru sehingga meningkatkan aktivitas peserta didik. Selama pandemi TK ABA Kauman merupakan sekolah yang konsisten memberikan LKPD. Namun pemberian LKPD setiap minggunya memunculkan keluhan orang tua yang merasa kewalahan dalam mendampingi anak, terutama yang memiliki lebih dari satu putra. Selain itu anak juga mengeluh lelah jika terus mengerjakan LKPD. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis efektivitas penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di TK ABA Kauman selama pendampingan belajar dari rumah. Pihak sekolah belum pernah mengadakan survey terkait penggunaan LKPD sehingga hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan evaluasi sekolah. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner dan wawancara kepada 7 orang tua Kelompok B1 sebagai subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ditinjau dari indikator penelitian berupa, tujuan penggunaan, desain dan syarat LKPD subjek penelitian menyatakan Setuju (S) dengan indeks 73,8% bahwa LKPD efektif digunakan selama pendampingan belajar dari rumah. Berdasarkan hasil wawancara, subjek juga memberikan respon positif terkait pemberian LKPD, seperti LKPD membantu orang tua, menambah pengetahuan anak, membuat anak praktek belajar secara langsung dsb.

Full Text:

PDF

References


Anam Nurul. (2021). Berbagai Problematika Pendidikan Dan Pembelajaran Di Dalam Lembaga Pendidikan PAUD dan TK/RA Di Indonesia. Artikel. Website : IAI Al Qodiri.

Aziz Ridho Abdulah., Iryani., dan Mawardi. (2018). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA MAN 2 Padang. Menara Ilmu, 12, 48-57.

Kania, Nia. (2006). Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Untuk Mencapai Tumbuh Kembang Yang Optimal. Disampaikan pada seminar “Stimulasi Tumbuh Kembang Anak” Bandung.

Khairunnisa Yasmine., Fitria Rizkiana., dan Herlina Apriani. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik Pada Materi Fotosintesis Terhadap Motivasi, Kemandirian, Dan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10(2), 121-129.

Miqro., Fajari Lathifah., Baiq Nunung Hidayati., dan Zulandri (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2) 25-30.

Mongkek Maria Fransiska., Elisabeth Tantiana Ngura., dan Josep Marsianus Rewo. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Anak Sebagai Bahan Ajar Untuk Perkembangan Aspek Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TKK Satap Rutosoro. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, (8)2 88-94.

Purnamasari Risca. (2017). Analisis Lembar Kerja Untuk Anak Usia Dini Di Taman Kanak - Kanak Wilayah Banjarejo, Boja, Kendal. Skripsi. Universitas Negeri Semarang : Fakultas Ilmu Pendidikan.

Saharis, Ana Nur. (2020). Diskusi Pengembangan LKPD. 178087-1602265124.pdf (simpkb.id) diakses pada 17 September 2021

Sasmito Luncana Faridhoh., dan Ali Mustada. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tematik-Integratif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1) 70-81.

Setyowahyudi Rendi., dan Tiara Ferdiyanti. (2020). Keterampilan Guru PAUD Kabupaten Ponorogo Dalam Memberikan Penguatan Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Golden Age 4(1), 100-111.

Sidiq Umar., dan Moh Mifthacul Choiri. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya

Sumiati., dan Bonita Mahmud. (2020). Urgensi Lembar Kerja Bergambar Dalam Meningkatkan Kosakata Anak Di Masa Pandemi Pada Kelompok B TK Sipurio Sipurennu. Educhild, 2(1) 76-98.

Widarmi., dan Wijana. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yuliani Wiwin. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Quanta, 2(2) 83-91.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.