Penerapan Model TPACK menggunakan Video Pembelajaran pada Materi Teks Eksposisi Kelas X

Mailisa Firma Putri, Iis Suwartini

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan model TPACK menggunakan video pembelajaran pada materi teks eksposisi kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan mengamati hasil penggunaan model TPACK yang dikembangkan dengan video pembelajaran kreatif. Data keaktifan dan penilaian siswa diambil melalui instrumen tes kepada siswa. Subjek yang digunakan yaitu siswa X MIPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Prambanan. Ditemukan hasil penelitian yaitu terdapat 17 siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model TPACK berbasis video pembelajaran yang diunggah di Youtube dan dilihat 29 kali pada saat pembelajaran berlangsung. Diperoleh data penilaian dari penugasan melalui video pembelajaran yaitu 2 mendapat rata-rata nilai 91% - 100% kategori sangat tinggi. 8 siswa dengan nilai rata-rata 81% - 90% kategori tinggi, serta 3 siswa dengan nilai rata-rata 71% - 80% dengan kategori cukup. Penerapan model TPACK dengan video pembelajaran mampu meningkatkan minat belajar daring dan perkembangan belajar siswa. 

Full Text:

PDF

References


Kuntarto, Eko. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1). http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v3il.1820


Refbacks

  • There are currently no refbacks.