Pemanfaatan Dongeng pada Riri Story Book sebagai Alternatif Bacaan bagi Siswa Sekolah Dasar

Ayu Puspita Harnoto Putri, M. Ardi Kurniawan

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat baca siswa karena keterbatasan finansial serta fasilitas bacaan yang dirasa kurang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan dongeng pada Riri Story Book sebagai alternatif bacaan bagi siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi pada dongeng Riri Story Book sangat efektif digunakan sebagai bacaan karena aplikasi tersebut didesain sangat menarik dengan perpaduan gambar ilustrasi serta teks yang bermacam-macam berwarna sehingga terkesan menyenangkan jika dibaca oleh siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahan bacaan yang menarik dapat berpengaruh dalam minat baca siswa apalagi saat ini perkembangan teknologi semakin maju dan bahan bacaan pun tidak hanya tersedia dalam bentuk media cetak namun salah satunya dengan aplikasi digital Riri Story Book yang di dalamnya memuat beberapa variasi dongeng yang bisa dipilih siswa sesuai dengan kebutuhannya.

Full Text:

PDF

References


DJUMALA, R. (2017). DONGENG DIGITAL: BACAAN ANAK DALAM MASYARAKAT KONSUMSI ยน.

NURANI, R. Z., NUGRAHA, F., & SIDIK, G. S. (2018). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK DONGENG DI ERA DIGITAL. EDUHUMANIORA: JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 10(2), 78-84.

QIBTIYAH, M. (2021). UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK SELAMA PANDEMI DI KELAS IV MIN 1 PASURUAN (DOCTORAL DISSERTATION, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA).

LATIFAH, L., ANGGRAINI, I. D., SARIASIH, W., & PERLINA, M. (2021). MENDONGENG DIGITAL SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN SOFT SKILL SANTRI SANGGAR BACA JENDELA DUNIA. ACITYA BHAKTI, 1(2), 125-133.

KASIYUN, S. (2015). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SEBAGAI SARANA UNTUK MENCERDASKAN BANGSA. JURNAL PENA INDONESIA, 1(1), 79-95.

ANGGIDESIALAMIA, H. (2020). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI REVIEW KONTEN CERITA RAKYAT PADA APLIKASI YOUTUBE. COMM-EDU (COMMUNITY EDUCATION JOURNAL), 3(2), 75-82.

DANANDJAJA, J. (1991). FOLKLOR INDONESIA: ILMU GOSIP, DONGENG, DLL. JAKARTA: PT GRAFITI.

SHAPIRO, L. E. (1998). MENGAJARKAN EMOTIONAL INTELLIGENCE PADA ANAK. JAKARTA: GRAMEDIA.

KURNIATI, E. (2015). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SD YANG INTEGRATIF KOMUNIKATIF BERBASIS FOLKLORE LISAN SEBAGAI WUJUD KONSERVASI BUDAYA. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, 32(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.