Upaya Penggunaan Aplikasi Google Meet dan Google Classroom dalam Menarik Minat Belajar Siswa

Hanna Widyaningrum, Iis Suwartini

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai tanggapan siswa terkait pembelajaran menggunakan google classroom  dan google meet . Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan tanggapan siswa terkait media manakah yang efektif, menarik dan diminati untuk digunakan oleh guru saat pembelajaran daring serta upaya meningkatkan minat siswa melalui penggunaan aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data berupa teknik sampling dengan kuisioner. Hasil yang diperoleh yakni adanya ketertarikan siswa terhadap dua media pembelajaran, serta alasan-alasan yang mendasari ketertarikan tersebut. Selalin itu ditemukan upaya yang dapat digunakan guna menarik minat belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra Prespektif Monodisipliner (M. P. Nuria Reny Hariyati (ed.); 2019th ed.). Graniti.

Damayanti, N. P. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Google Classroom Terhadap Minat Baca Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 246–256.

https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/download/1294/692

Fahruni, F. E., & Wiryosutomo, H. W. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Malas Belajar Daring Saat Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Menganti Gresik. Jurnal BK UNESA, 12(2), 22–36.

Ilham. (2021). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE OLEH GURU PADA MASA COVID-19 DI SDN 34 PONTIANAK SELATAN. Jurnal Universitas Tanjungpura, 11(2), 22–23.

Nur, A. S. (2020). Pemanfaatan Schoology sebagai Sarana Pembelajaran Daring Pada Pembelajaran Matematika. Proseding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, 3(Desember), 100–107. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/semnas-ps/article/view/16856/9150

Rosdiana, Didimus Tanah Boleng, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Efektivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 2(2014), 1060–1064. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Swarniti, N. W. (n.d.). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa.

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 61–68.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.