Upaya Peningkatkan Konsentrasi Siswa Kelas XI Terhadap Layanan Konseling Individual Di SMK Muhammadiyah Gamping Tahun Ajaran 2021/2022

Asri Lestari Mutaslimah

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kegiatan layanan konseling individual dengan meningkatkan dan menambah jawal konseling individual pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Gamping. Pemahaman ini diberikan kepada siswa yang memiliki tingkat pemahaman yang rendah terhadap kegiatan konseling individual dn lebih diutamakan untuk siswa yang merasa takut melakukan kegiatan konseling individual. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui langkah mengidentifikasi, menentukan fokus permasalahan yang menjadi kendala, mengumpulkan data, menganalisis, dan membuat kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI TBS di SMK Muhammadiyah Gamping tahun ajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan anailis kualitatif. Hasil dari pelitian menunjukkan bahwa masih kurangnya perhatian guru BK terhadap kegiatan layanan konseling individu. Guru BK perlu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap kegiatan konseling individual dengan menambahkan jadwal kegiatan layanan konseling indival.

Full Text:

PDF

References


Andrean, M. Problematika Pelaksanaan Bimbingan Konseling oleh Guru Bidang Studi di MAS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar (Doctoral dissertation).

Dewi, T. W. G., Yusmansyah, Y., & Sofia, A. (2017). Faktor Kurangnya Minat Siswa Pada Layanan Bimbingan dan Konseling. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(4).

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan konseling sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(4), 447-454.

Luddin, A. B. M. (2013). Kinerja kepala sekolah dalam kegiatan bimbingan dan konseling. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2).

Rambe, S. N. (2019). Penerapan Layanan Konseling Individual Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas Viii-4 Di MTs. Al Jam’iyatul Alwasliyah Tembung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.