Optimalisasi Pembelajaran Tafsir Al-Qur’an melalui Breaking Rooms pada Aplikasi Zoom Meeting

Munaya Ulil Ilmi, Unik Hanifah Salsabila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi pembelajaran tafsir Al-Qur’an melalui breaking rooms pada aplikasi Zoom Meeting yang berada di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah 204 siswa yang terdiri dari siswa kelas X dan XI. Pelaksanaan pembelajaran tafsir Al-Qur’an melalui breaking rooms sudah dapat dikatakan optimal. Mayoritas peserta didik sudah mengikuti pembelajaran dengan baik dan senantiasa memberikan umpan balik terhadap pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari evaluasi pembelajarannya pus sudah baik, ditandai dengan perolehan nilai peserta didiknya yan di atas rata-rata. Namun beberapa kendala masih terjadi seperti kurangnya koordinasi antar co-host dan kendala jaringan yang dialami beberapa siswa.

Full Text:

PDF

References


Alvianto, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Pembelajaran Agama Islam Situasi Pandemi Covid-19. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 13–26.

Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 59–72.

Bistar, B. (2017). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1(2), 13–20.

Dina, L. N. A. B. (2020). Respon Orang Tua terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 46–52.

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665–675.

Laurillard, D. (2009). he Pedagogical Challenges to Collaborative Technologies. International Journal of Computer-Supported Collaborative Learning, 4, 4–20.

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom sebagai Media Pembelajaran Online pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640.

Muqodas, I., Hasanah, N. F. L., Rutanti, R. A., Kurniawati, R., Mulyati, S., Wijareni, W. K., & Ikhbal, Y. M. (2021). Sosialisasi Pemahaman Anak dalam Memilih Sekolah Bagi Guru dan Orang Tua Siswa di UPTD SDN 6 Nagri Kaler. Ijocse: Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education, 1(2), 1–7.

Nasir, Bagea, I., Sumarni, Herlina, B., & Safitri, A. (2021). Memaksimalkan Fitur “Breaking Rooms” Zoom Meeting pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 611–624.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Equilibrium, 5(9), 2.

Rosyadi, F. I., & Ilmi, M. U. (2021). E-Learning: An Implementation for Arabic Learning During the Covid-19 Pandemic. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 4(1), 47–57.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Suhery, Putra, T. J., & Jasmalinda. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. JIP: Journal Inovasi Penelitian, 1(3), 129–132.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.