Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas VIII SMPN 11 Yogyakarta

Elma Nur Azizah, Destri Ratna Ma'rifah, Herlina Damayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan google classroom dalam proses pembelajaran dan keadaan serta respon peserta didik dalam menggunakan google classroom. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan teknik analisis data deskriptif. Instrument yang digunakan adalah angket daring melalui google formulir. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 11 Yogyakarta pada rentang bulan Agustus-September 2021. Berdasarkan hasil respon peserta didik, lebih dari 50% sampel memberikan respon positif terhadap media pembelajaran daring google classroom. Google classroom efektif digunakan untuk kegiatan pembelajaran daring pada peserta didik kelas VIII SMPN 11 Yogyakarta karena peserta didik memiliki kesiapan yang bagus dan tidak terbebani dengan penggunaan google classroom. Kemudahan yang diberikan juga mendukung peserta didik untuk belajar.

 


Full Text:

PDF

References


Abd. Rozak., & Albantani, A. 2018. Desain Perkuliahan Bahasa Arab melalui Google Classroom. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5 (1): 83-102. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/arabiyat/article/view/7481

Ali, L, Usman., & Zaini, Muhammad. 2020. Pemanfaatan Program Aplikasi Google Classroom sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Dasar-dasar Kependidikan. Society, 11 (1): 27-34. 10.20414/society.v11i1.2297

Almujab, Saiful., et al. 2020. Analisis Efektivitas Pembelajaran dengan Media Belajar Google Classroom pada Masa Pandemi. Webinar Hasil Penelitian, Universitas Pasundan, 191-202. http://proceedings.conference.unpas.ac.id/index.php/webinarpuslit2020/article/view/640

Gunawan., et al. 2018. Pengembangan Kelas Virtual dengan Google Classroom dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor pada Siswa SMK untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, Yogyakarta, 340-348. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2334

Nadziroh, Faridatun. 2017. Analisa Efektivitas Sistem Pembelajaran. Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual (JIDISKOMVIS), 2 (1):1-14. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jik/article/view/28

Ohzeki, K., et al. 2019. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom terhadap Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. FedCSIS, 2 (1): 333-340. https://doi.org/10.15439/2019F12 1

Pritasari, A. C., & Jumaidi. 2018. Development of Science Learning Tool Based on Problem Based Learning with Google Classroom to Improve Argumentation Skill. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education, 10 (2): 348-355. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/biosaintifika/article/view/14320

Sabran., E, Sabara. 2019. Keefektivan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian, Universitas Negeri Makassar, 122-125. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/8256

Surata, I, K. et al. 2020. Meta-Analisis Media Pembelajaran pada Pembelajaran Biologi. Journal of Education Technology, 4 (1): 22-27. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/24079

Wulandari, I. A. G. 2021. Pemanfaatan Media Google Classroom Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Ihdn Denpasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 7 (1):45-52. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/1825


Refbacks

  • There are currently no refbacks.