Pembentukan Jiwa Kepemimpinan Kader Muhammadiyah melalui Kultur Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Reza Amin Nur Ihsan, Yazida Ichsan, Dihan Rohsani

Abstract


Tujuan dari artikel ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pembentukan jiwa kepemimpinan kader Muhammadiyah melalui kultur madrasah Mu’allimin yang terjadi di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Madrasah Mu’allimin Muhamamdiyah Yogyakarta menerapkan kultur sekolah yang mendukung dalam pembentukan jiwa kepemimpinan tersebut melalui berbagai kegiatan dan pelaksanaan pembinaan yang tentunya berdasarkan pada prinsip pembinaan yang memiliki orientasi pada pencapaian visi, misi, tujuan, dan kompetensi kelulusan. Dengan demikian, jiwa kepemimpinan yang dibangun melalui kultur madrasah akan menghasilkan kader yang berkualitas dalam menjadi penerus kepemimpinan persyarikatan Muhammadiyah.


Full Text:

PDF

References


Azhar, Chusnul. (2015). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kader di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Tesis: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Fadila, A. (2015). Pendidikan Kader dan pesantren Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Volume 3 No. 2.

Kabry, A. M. (1998). Kerangka Pendidikan Kader Kepemimpinan Islam. Bandung: Mizan.

Mu'allimin, M. (2009). Buku Pembinaan siswa Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta: Madrasah Mu'allimin Yogyakarta.

Zayadi, A. (2005). Desain Pengembangan Madrasah. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.