Pemanfaatan Media Puzzle sebagai Media Pembelajaran Dongeng

Intan Safitri, Iis Suwartini

Abstract


Abstrak: Dalam sebuah pembelajaran akan lebih baik bila menggunakan sebuah media pembelajaran. Media pembelajaran ini akan berfungsi sangat penting didalam kegiatan belajara mengajar karena media pmeblejaran dapat membantu guru dalam memberikan materi. Siswa akan lebih bersemangat dan tertarik dengan pembelajaran apabila menggunakan media pembelajaran karena pembelajaran tidak akan terasa monoton. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bahwa media puzzle dapat dijadikan seagai media pmebalajaran dongeng di kelas 3 SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diambil dari penelitian yang dilakukan di SD Mantingan Rembang dengan subjek penelitian 18 siswa kelas 2 SD. Hasil dari penelitian ini antara lain; 1) siswa 100% berpendapat bahwa puzzle belum pernah digunakan dalam pemebelajaran, 2) siswa 100% berpendapat bahwa pembelajaran dengan puzzle menyenangkan, 3) siswa 100% berpendapat bahwa materi mudah dipahami dengan menggunakan puzzle, 4) siswa 100% berpendapat bahwa puzzle layak dijadikan media pembelajaran, 5) siswa 100% berpendapat bahwa dnegan menggunkan puzzle dapat meningkatkan semangat belajar. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa puzzle cocok untuk digunakan sebagai media pembelajaran dongeng dan sangat bermafaat untuk siswa. 

Key Words:

Puzzle, media pembelajaran, dan dongeng 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.