Upaya Guru Akidah Akahlak Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Akidah Akhlak pada Siswa MTS Mualimin Yogyakarta

Muhammad Yusuf Noor Khozain, Yazida Ichasan, Ahmad Suryani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk melihat berbagai macam cara upaya yang guru akidah akahlak dalam menamakan nilai-nilai materi akidah akhlak agar bisa di terapkan dalam kehidupan sehari hari. Ruang lingkup dari artikel ini adalah seluruh peserta didik kelas 8. Oleh karena itu jangkauannya agak luas. Untuk metode yang digunakan adalah metode observasi dengan melakukan pengamatan di Madrasag Mualimin Yogyakarta. Hasilnya adalah seluruh peserta didik kelas 8 sudah menerapkan materi akidah akhlak yang telah diberikan. Karena sesudah proses pembelajaran ada tugas yaitu mengidentifikasi kegiatan sehari-hari yang ada kaitannya dengan materi akidah akhlak tersebut. Sehingga di lingkungan Madrasah Mualimin Yogyakarta memiliki lingkungan yang kondusif untuk melakukan proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. (1994). Ilmu Pendidikan Islam, Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner.Jakarta: Bumi Aksara.

Bulliet, Richard W. (1972). The Madrasah, dalam The Patricians of Nishapur: A Study in Medieval Islamic Sosial Society. Cambrige, Harvard Universiry Press.

Kemendiknas. (2010). Pembinaan Pendidikan Karakter di SMP. Jakarta: BSNP.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pemebelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Sindownews, Judi dan Mabuk saat PSBB, Puluhan Remaja di Jakbar dihukum Push Up, https://metro.sindonews.com/read/6100/170/judi-dan-mabuk-saat-psbb-puluhan-remaja-di-jakbar-dihukum-push-up-1587557074, diakses 16 September 2021, jam 10.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.