Penggunaan WhatsApp Grup dan Google Meet dalam Pembelajaran Daring PPKN di SMP Muhammadiyah 2 Godean

Wahyu Dwi Lestari, Soffi Widyanesti Priwantoro

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa dengan pembentukan Kelompok Belajar (POKJAR) siswa kelas 2 di SD N 3 Kembangan, Bukateja, Purbalingga, Jawa Tengah. Pembentukan kelompok ini mengutamakan pada siswa-siswi yang mendapatkan hasil ulangan lebih rendah dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian, yaitu 1) Mengidentifikasi permasalahan numerasi, 2) Menentukan fokus permasalahan numerasi dalam kegiatan pembelajaran, 3) Menentukan subyek penelitian, 4) Mengumpulkan data, 5) Menganalisis data penelitian, 6) Menyusun kesimpulan. Siswa kelas 2 di SD N 3 Kembangan tahun ajaran 2021/2021 merupakan subyek dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, hasil tes serta kusioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu Pembentukan Kelompok Belajar (POKJAR) terbukti dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas 2 SD N 3  Kembangan.

Full Text:

PDF

References


Amirudin, dkk. 2021. Strategi menghidupkan motivasi belajar siswa sekolah dasar di masa pandemi covid-19 melalui kelompok belajar

Chotimah, Siti, dkk. 2020. Pelatihan Cara Menanamkan Konsep Matematika Untuk Anak SD dengan Menggunakan Media Alat Pegara Pada Guru SD. Vol 03 No.01, 157-172. Diakses pada tanggal 11 Septmber 2021.

Easkitoningtyas, Rahayu Sri. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. Vol 5 No. 1, 25-32. Diakses pada tanggal 7 September 2021

Ginting, Ika Rahayu Br. 2021. Pembentukan Kelompok Belajar Anak Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahas Inggris. Vol 1 No. 1, 1-6. Diakses pada 6 September 2021

Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. (2019). Diakses pada 22 Juni 2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas.

Larasati, Icha. 2020. Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Buluspesantren. Vol 2 No. 2, 125-135. Diakses pada 6 September 2021

Leonardo & Supardi. 2010. Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika dan Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Vol 1 No. 3, 341-352. Diakses pada 6 September 2021

Kenedi, Ary Kiswanto, dkk. 2018. Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Vol 5 No. 2, 226-235. Diakses pada tanggal 9 September 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.