Tantangan Guru PPKn dalam Pembelajaran Daring di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta

Retno Wulan Hapsari

Abstract


Dalam masa pandemi, tentunya banyak hal yang berubah dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar yang harus dilaksanakan di rumah masing-masing. Sehingga menimbulkan adanya tantangan untuk guru maupun siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara dengan guru PPKn di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Adapun tantangan guru PPKn dalam pembelajaran daring di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta yaitu (1) perubahan metode belajar manual ke pembelajaran dengan teknologi, (2) perubahan minat siswa, (3) sarana dan prasarana, (4) jaringan internet, dan (5) peran orang tua.


Full Text:

PDF

References


Haryati, S. (2018). Konstruksi Isu Aktual Bidang Ketahanan Nasional Untuk Pengembangan Isi Pendidikan Kewarganegaraan Persekolahan. Jurnal Ketahanan Nasional, 24(3), 342–353. https://doi.org/10.22146/jkn.35490

Nurgiansah, T Heru, dan Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. ISSN: 1693-220X . Jurpis, Volume 17, No. 2, Bulan Juli-Desember 2020.

Nusarastriya, Yosaphat Haris. (2013). Permasalahan dan Tantangan Guru PKn Menghadapi Perubahan Kurikulum (2013). Satya Widya, Vol. 29, No.1. Juni 2013: 23-29

Santika, I Wayan Eka. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. IVCEJ, Vol 3 No 1, Tahun 2020 p-ISSN: 2615-4684 e-ISSN: 2615-6938.

Sulastri. (2018). Strategi Pengembangan Metode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Moral di SMP Pelepat Ilir. Jurnal Pakar Pendidikan, 16(2), 59–66.

Wahyono, P & Husamah, H. (2020). Guru Profesional di Masa Pandemi COVID-19 : Review implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. Vol 1 (No 1), 51-65. doi: https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462


Refbacks

  • There are currently no refbacks.