Pemanfaatan Media Google Meet terhadap Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi

Asnah Sari Dewi, Sudarmini Sudarmini

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan media google meet terhadap minat belajar siswa di masa pandemi. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah  untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media google meet terhadap minat belajar siswa di masa pandemi, faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar siswa, dan apa saja kelebihan dan kelemahan pemanfaatan media google meet. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan data yang dijabarkan secara deskriptif mengenai pemanfaatan media google meet. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah google meet bermanfaat dan efektif sebagai media untuk menyampaikan materi ajar. Peserta didik tertarik menggunakan google meet sebagai media pembelajaran daring karena mempermudah menerima materi yang diajarkan sehingga mempengaruhi minat belajar siswa. Faktor–faktor yang dapat memengaruhi minat belajar siswa yaitu media, strategi pembelajaran, motivasi, sikap ingin tahu siswa dan lingkungan sekitar. Terdapat kelebihan dan kelemahan yang dimiliki media google meet terhadap minat belajar peserta didik di masa pandemi.


Full Text:

PDF

References


Handarini, O.H. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. JPAP: Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8 (3),493-503

Hasyim, M. (2014). Penerapann Fungsi Guru dalam Prosess Pembelajaran. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 265-276

Hediyati, N & Ramlan,D. Pemanfaatan Google Meet sebagai Media Pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan Labor Pekanbaru Era Pandemi Covid-19. JPSE, 7(1), 62-74

Juniarti & Rasna. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet dalam Keterampilan Menyimak dan Berbicara untuk Pembelajaran Bahasa pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9 (2), 133-141

Moleong, L.J (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Karya

Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, 2(1), 1689-1699

Tafonao, T. (2018). Perananan Medial Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnall Komunikasi Pendidkan, 2(2), 103

Trisnawati. (2021). Penerapan Aplikasi Google Meeting dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XI SMA Negeri 9 Samarinda pada Masa Pandemi Covid-19. Sistema: Jurnal Pendidikan, 2(1), 19-26


Refbacks

  • There are currently no refbacks.