Pemanfaatan Media Kuis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 13 Yogyakarta

Alfina Dwi Ariyani, Sudarmini Sudarmini

Abstract


Ketertarikan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran tergantung pada strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai hal yang dapat menggugah semangat siswa dalam mengikutinya. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah memberikan kuis kepada peserta didik sebelum memulai pembelajaran. Kenyataan pelaksanaannya, ditemukan bahwa banyak peserta didik yang antusias dengan pemberian kuis tersebut. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media kuis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 13 Yogyakarta. Hasil yang ditemukan adalah media kuis dapat menambah minat dan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner yang diberikan dan diisi oleh peserta didik. Pemberian kuis tersebut dapat berhubungan dengan materi yang diajarkan atau di luar materi yang dapat meningkatkan berpikir kritis peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, Ria. (2019). Pengembangan Media Kuis Interaktif Berbasis Adobe Flash dalam Pembelajaran PPKn. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/33987/

Dianawati, Eko Puji. (2019). Pengaruh Media Tebak Gambar dan Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah, 1(1), 4. https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26855

Charlina & Elvrin Septiani. (2019). Pemanfaatan Media Kahoots sebagai Motivasi Belajar Mengikuti Kuis Wacana Bahasa Indonesia. Geram (Gerakan Aktif Menulis): Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(2), 78-82. https://doi.org/10.25299/geram.2019.vol7(2).4036

Dafitri, Haida. (2017). Pemanfaatan Wordshare Quiz Creator dalam Tes Berbasis Komputer. Query: Jurnal Sistem Informasi, 1(1), 8-18. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/query/article/view/635

Isroyati & Hapsari, F.S. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Kuis Interaktif Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Sains 2020, 1(1): 582-586.

Kuncahyono, Beti Istanti Suwandayani, Abdurrohman Muzzaki. (2020). Aplikasi E-Test “That Quiz” sebagai Digitalisasi Ketrampilan Pembelajaran Abad 21di Sekolah Indonesia Bangkok. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 153-166. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4687

Sutopo, HB. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar, Teori, dan Terapannya dalam Penelitiannya. Surakarta: Universitas Sebelas Maret


Refbacks

  • There are currently no refbacks.