Respons Siswa terhadap Aplikasi Microsoft Teams sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia

Mega Safrida Aprilia, Yosi Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon atau tanggapan siswa terhadap penggunaan aplikasi Microsoft Teams sebagai media pembelajaran di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode survey. Dengan subjek penelitian 6 kelas yang ada di sekolah tersebut. Teknik pengambilan data dilakukan dengan pengisian angket. Hasil dari penelitian ini adalah siswa merespon dengan positif terkait penggunaan aplikasi Microsoft Teams sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran bahasa indonesia namun ada beberapa siswa yang kurang setuju dengan penggunaan aplikasi Microsoft Teams hal tersebut dengan beberapa alasan, alasan yang pertama ialah karena keterbatasan jaringan internet dan alasan yang kedua karena aplikasi tersebut memakan banyak kuota internet sehingga menyebabkan borosnya penggunaan kuota internet siswa.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Research and Development Journal Of Education, 135.

Afiani, K. D. (2021). Analisis Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Ms. Teams pada Masa Pandemi Covid-19. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN SEKOLAH DASAR (JP2SD), 18.

Atapukang, N. (2016). KREATIF MEMBELAJARKAN PEMBELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG TEPAT SEBAGAI SOLUSI DALAM BERKOMUNIKASI. Jurnal Media Komunikasi geografi, 50.

Dewi, W. A. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Pendidikan, 58.

Nabila, N. A. (2020). PEMBELAJARAN DARING DI ERA COVID-19. Jurnal Pendidikan, 4.

Padli, F. (2020). RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA PANDEMI. SOCIAL LANDSCAPE JOURNAL, 4.

Pradja, B. P. (2019). ANALISIS KUALITATIF PENGGUNAAN MICROSOFT TEAMS DALAM PEMBELAJARAN KOLABORATIF DARING. SENATIK, 419.

Simatupang, N. i. (2020). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENGAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN METODE SURVEY SEDERHANA. JURNAL DINAMIKA PENDIDIKAN, 198.

Syarifudin, A. S. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEBAGAI DAMPAK DITERAPKANNYA SOCIAL DISTANCING. METALINGUA, 33.

Widiyarso, T. H. (2021). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MOCROSOFT TEAMS DALAM PEMBELAJARAN E-LEARNING BAGI GURU SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.