Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Learning Google Classroom pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Anggita Rahmadini, Iis Suwartini

Abstract


Pada saat pandemi seperti sekarang ini, proses pembelajaran pada sekolah di Yogyakarta dilakukan secara daring atau pembelajara jarak jauh. Banyaknya teknologi yang digunakan selama proses pembelajaran daring seperti aplikasi Google Classroom. Penelitian ini dilakukan untuk memperlihatkan bagaimana penerapan model POE2WE berbasis blended learning dengan memanfaatkan Google Classroom pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 15 Yogyakarta pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Pada pembelajaran daring saat ini banyak menggunakan berbagai aplikasi salah satunya Google Classroom. Dengan adanya keputusan pemerintah mengenai pebelajaran yang dilakukan secara daring sehingga tidak hanya mempengaruhi minat belajar siswa tetapi juga berpengaruh pada tuntutan pendidik dalam menggunakan media dan metode pembelajaran. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik menyajikam hasil data kemudian mendeskripsikan data.. Hasil penelitian ini yaitu untuk memperlihatkan penerapan model POE2WE dengan berlandaskan Blendedn\ Learning dengan memanfaatkan Google Classroom dapat dipergunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Full Text:

PDF

References


Wijoyo, Hadion, Suherman, dan Audia Junita. (2020). Blended Learning : Suatu Panduan. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Tambunan, Hamonangan, Marsangkap Silitonya, dan Uli Basa Sidabutar. (2020). Blended Learning Dengan Ragam Gaya Belajar. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Imaduddin, M. (2018). Membuat Kelas Online Berbasis Android degan Google Classroom : Terobosan Pembelajaran Era Revolusi Indrustri 4.0. Yogyakarta: Garudhawaca.

Khair, Ummul. (2018). Pembelajaran Bahasa dan Sastra (BASATRA) di SD dan MI. Jurnal Pendidikan Dasar, 81-89.

Nana. (2019). Model Pembelajaran Predict, Observe, Explanation, eleboration, Write, dan Evalution (POE2WE). Klaten: Penerbit Lakeisha.

Octavia, S. A. (2020). Model- Model Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Fajriyah, Rizqi L, Budi Jatmiko. (2021). Penerapan Model POE2WE Berbasis Virtual Learning pada Materi Listrik Arus Bolak Balik (AC) untuk Melatih High Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik. PENDIPA Journal of Science Education, 102-107.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.